Author Archive useradmin

Byuseradmin

Dua Plaza Dioperasikan Tahun Ini

Pemanfaatan bangunan  Barunak dan eks Klinik Uma Iyah bagi pedagang akan dilakukan sebelum hari jadi Tabalong tahun 2019.

Penantian warga khususnya para pedagang makanan dan minuman serta pedagang buah disekitar bangunan Barunak ataupun eks klinik Uma Iyah akan segera berakhir.

Hal tersebut terungkap ketika Bupati Tabalong Drs. H. Anang Syakhfiani meninjau kedua bangunan tersebut bersama kepala SKPD Pemkab Tabalong.

“Paling lambat sebelum hari jadi kabupaten Tabalong, kalau sudah memungkinkan malah beberapa bulan sebelumnya bisa di operasikan”ungkapnya pada Rabu (06/03).

Anang juga menyampaikan bahwa bangunan bertingkat dua Barunak disepakati untuk di beri nama Plaza Barunak dan di eks klinik Uma Iyah dengan nama Plaza Uma Iyah.

Plaza Barunak Lantai dasarnya akan dijadikan sebagai tempat pedagang kuliner sedang lantai dua untuk pedagang aksesoris Hanphone dan pernik lainnya.

“Sedangkan  Plaza Uma Iyah rencananya bangunan di samping kiridan  kanan akan ditempati pedagang buah, kios kecil untuk pedagang minuman dan bangunan utama untuk pedagang barang elektronik seperti TV dan kulkas ataupun peralatan elektronik lainnya” jelas Anang kepada Wartawan.

Anang menambahkan bahw pedagang yang akan menempati bangunan plaza Barunak maupun plaza Umaiyah adalah pedagang yang ada disekitarnya.

“Pedagang di sekitar untuk mengisi plasa Barunak sudah di data”imbuhnya.

Sementara  pedagang elektronik untuk mengisi bangunan utama plasa Uma iyah terbuka untuk warga pedagang elektronik untuk wilayah Tanjung dan sekitarnya, pungkas Anang. ( Sumber Koran Kontras / boel)

Byuseradmin

Posko Rest Area 1 Mulai Pelayanan, Banyak Jemaah dari Kaltim dan Kaltara

Posko Rest Area 1 Kalimantan Selatan di Desa Namun Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong, yang dipusatkan didepan Pondok Pasantren Ar Raudah kini sudah mulai dibuka hari ini, Rabu (6/3/2019), padahal rencana sebelumnya akan dibuka besok Kamis.

Namun, karena banyaknya para jamaah dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang lebih awal melintasi Desa Namun dengan tujuan ke Martapura untuk mengikuti haulan ke 14 Guru Sekumpul, sehingga posko harus dibuka mulai hari ini.

Menurut salah seorang Panitia Posko Area 1 H Ajin, pihaknya hari ini mulai membuka pelayanan jama,ah, mengingat sudah banyak jamaah melintasi Desa Namun, dan banyak juga yang singgah di Posko Rist Area 1.

“Oleh karenanya hari ini posko rist area 1 mulai kami buka, dan sudah melayani ratusan para jama,ah yang berdatangan dari Kalimantan Timur dan juga Kalimantan Utara,” katanya.

Pelayanan yang diberikan terhadap para jama,ah yang akan mengikuti haulan ke-14 Guru Sekumpul ini menyediakan snack, makan minum, serta buah-buahan langsat.

“Pasilitas lainnya yang kami sediakan yaitu tempat penginapan dengan kafasitas mampu menambung ribuan jamamah, termasuk fasilitas mck, lebih-lebih pelayanan kesehatan, dan pelayanan service kendaraan,” imbuh H Ajin. (sumber Metro 7 /via)

Byuseradmin

Jalan Rampung, Angkutan Bertonase lebih tidak diizinkan melintasi

Jalan yang menghubungkan antara Desa Teratau dengan Desa Namun Kecamatan Jaro dengan panjang 4 Km akhirnya bisa dinikmati warga setempat. Dari informasi PUPR Tabalong, bahwa  jalan tersebut  dulunya tidak bisa dilewati mobil saat berpapasan.

“Bahkan kalau ingin berpapasan pun terpaksa harus ada yang mengalah dulu. Namun hari ini,  Alhamdullilah jalan tersebut sudah rampung kita kerjakan.” kata Kepala Dinas PUPR Tabalong Muhammad Noor Rifani, Senin (4/3/2019) saat di lokasi jalan tersebut.

Menurut Rifani jalan tersebut secara bertahap akan terus ditingkatkan. “Doakan saja,” katanya sambil tersenyum.

Terkait dengan jalan yang sudah rampung itu Rifani meminta masyarakat bersama-sama untuk menjaga dan merawat jalan tersebut. “Kendaraan atau truk angkutan yang melintas melebihi tonases jangan diizinkan untuk melintasi. Ini bisa mengakibatkan yang sudah kita bangun menjadi rusak,” Tegasnya.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat menghadiri kegiatan itu, mengatakan, jalan yang sudah dibangun ini berkat kerja keras kita semua dan hendaknya bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. “Tidak hanya dimanfaatkan. Tetapi dirawat juga,” katanya.

Perbaikan jalan ini desa diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Anang mengatakan perbaikan jalan ini sesuai dengan janjinya dalam terus berupaya dalam meningkatkan kualitas jalan di Kecamatan (MC Tabalong/Irwin).

Byuseradmin

KPU Tabalong Masih Kekurangan Logistik Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Tabalong mengalami kekurangan logistik pemilu yang akan digelar 17 April mendatang.

Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Tabalong Ibramsyah membeberkan, dari 848 TPS Kabupaten Tabalong masih mengalami kekurangan.

“Bahan logistik kita sudah datang pada tanggal 26 Oktober 2018 kemarin sebanyak kotak suara 4037 dan 1320 bilik,” katanya kepada wartawan, Kamis (28/2/2019)

Namun kedatangan itu tidak sesuai dengan kebutuhan KPU Tabalong. Seperti kotak suara masih kurang 407 yang seharusnya 4373. Sedangkan bilik suara kurang sebanyak 253.

“Atas kekurangan itu, kami sudah melaporkan ke KPU Provinsi,” katanya.

Adapun Gudang Logistik KPU Tabalong mengalami full kapasitas yang berlokasi di Mabuun Kecamatan Murung.

Kondisi susunan kotak suara yang sudah di rakit terlihat memenuhi bangunan rumah toko (Ruko) empat pintu dua lantai yang selama ini digunakan KPU Tabalong untuk menyimpan logistiknya. ( Sumber : MC Tabalong/Erwin )

Byuseradmin

Bazar Buku Murah Sediakan 40 Ribu Eksemplar

 

Sebanyak 40 ribu eksemplar buku disediakan dalam Bazar Buku Murah, yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah di halaman kantornya.

Bazar yang bekerjasama dengan Yusuf Agency Jogjakarta, diselenggarakan dari 21 Februari hingga 11 Maret 2019, dari jam delapan pagi sampai jam sepuluh malam.

Salah seorang pengunjung bazar, Ikhsan Novi, mengatakan, ia bisa mendapatkan buku materi pembelajaran murah dengan adanya bazar ini. Pasalnya penyelenggara memberikan potongan harga 10 persen bagi setiap pembeli dari kalangan pelajar, guru, dosen, pegawai perguruan tinggi hingga PNS.

“sangat bagus dan sangat membantu sekali karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan buku2 yang ditawarkan sangat bagus,” jelas ikhsan diwawancarai usai membeli buku.

“harapanya mudah2an setiap akhir tahun ada yang seperti ini dan makin banyak buku2 yg ditawarkan”tambahnya

Kepala seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan, Muhammad Rizal Halimi, mengatakan, bazar buku murah ini untuk mengukur minat baca dari masyarakat Tabalong, sebelum dilaksanakannya Tabalong Book Fair 2019, pada pertengahan tahun mendatang.

“dengan tujuan untuk menilai atau mengukur tingkat minat dan budaya baca masyarakat di tabalong sejauh mana” ungkap Rizal
“kita bisa mengetahui minat dan budaya baca masyarakat saat ini kita gunakan alat ukur yaitu tingkat kunjungan ke perpustakaan” jelasnya
“dengan adanya kegiatan ini kita kembali dapat mengukur daya beli dan keinginan masyarakat terhadap pembelian buku-buku” tambah Rizal
Bazar buku murah ini menyediakan berbagai macam buku. Mulai dari buku pelajaran, buku sosial dan budaya, hingga berbagai novel fiksi. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, antara 5 hingga 20 ribu rupiah perbuku.

Byuseradmin

Personel Kodim 1008/Tanjung Bangun Jalan Hayup Ribang Bersama Warga

Jalan yang menghubungkan Desa Hayup dan Kampung Ribang saat ini masih dalam proses pengerjaan, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 104 Kodim 1008/Tanjung.

Pengerjaan fisik yang dilakukan secara swakelola ini mendapat dukungan dan bantuan dari masyarakat. Anggota TNI saat ini mulai memasuki proses pengerasan jalan, warga ikut membantu dan saling bertukar pekerjaan dengan anggota TNI.

Daus misalnya, warga Desa Hayup ini ikut membantu meratakan pasir batu diatas tanah yang akan dijadikan jalan penghubung antara Desa Hayup dan Kampung Ribang. Jalan ini asalnya hanya setapak yang lebarnya tak lebih dari satu meter.

Warga biasa menggunakan jalan tersebut untuk mengangkut hasil kebun karet, sangat sulit dilintasi karena hanya sempit. “Saat berpapasan dengan kendaraan lain harus ada salah satu yang mengalah berhenti dipinggir jalan,”ujarnya

Jalan setapak ini bahkan awalnya tidak terlalu panjang, melalui Program TMMD Ke 104 Kodim 1008/Tanjung membukabjalan baru dengan lebar tujuh meter.

Kegiatan ini jelas disambut baik oleh warga hingga banyaj warga yang secara sukarela membantubpengerjaan. Setwlah selesai menyadap karet dikebun warga membantu pengerjaan pembuatan jalan.

“Tenaga anggota TNI memang kuat, saat hari panas tetap bekerja. Saya juga ikut berpanas walaupun beberapa kali berteduh dibawah pohon karet,” ujarnya.

Jalan desa ini jelas akan mempermudah warga untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.

Kepala Desa Hayup Suwito mengatakan dengan dibangunnya jalan penghubung tersebut waega pemilik tanah yang dilalui tidak keberatan. Karena juga menguntungkan bagi mereka, sebab dengan adanya jalan nilai jual tanah akan naik.

“Dengan adanya jalan juga bisa membuka pemukiman baru, secara berthap nanti akan ada rumah pinggir jalan yang dibangun ini, letaknya juga tidak jauh dari pusat desa sehingga cukup strategis untuk dibuat pemukiman baru,” ujarnya ( Sember Banjarmasin Post )