Category Archive Info Daerah

Byuseradmin

Diskominfo Tabalong gelar lomba ikon dalam lensa

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Tabalong menggelar lomba fotografi dengan tema iconik Tabalong Dalam Lensa.

Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo dan Statistik Tabalong Gusti Judid Ihsan Permana menyampaikan lomba ikon dalam lensa ini terbuka untuk umum.

“Foto yang dilombakan diambil pada 3 sampai 20 Nopember 2018  dengan tema iconik Tabalong,” jelas Judid.

Obyek foto yang dilombakan berbagai bagunan ikon Tabalong, tempat wisata dan ruang terbuka hijau yang ada di ‘Bumi Saraba Kawa’ini.

Ikon Tabalong mencakup Monumen Tanjung Puri, Pendopo Bersinar, Islamic Center, Gedung Sarabakawa, Gedung Dewan, Expo Center, Kantor Pemda Tabalong, Monumen Perjuangan dan Bandara Warukin.

Selain ikon termasuk RTH yakni Taman Giat Tanjung, Tanjung Bersinar Park, Taman 10 K, RTH Kambang Tanjung, hutan kota, Taman Siring Bank Kalsel dan RTH Haruai.

Judid menyampaikan kriteria penilaian lomba foto ini mencakup originalitas, kreativitas, keunikan dan sesuai kategori lomba.

Batas waktu pengumpulan foto paling lambat 23 November 2018 pukul 23.00 wita dalam bentuk soft file ke iconictabalong2018@gmail.com.

Byuseradmin

Pemerintah Tabalong Peringati Hari Pahlawan Tahun 2018

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Tabalong bersama dengan TNI dan Polri melaksankan upacara peringatan hari pahlawan di Halaman Pendopo Bersinar, Pembataan, Sabtu (11/10).

Bupati yang dalam hal ini bertindak sebagai inspektur upacara ketika membacakan amanat dari Mentri Sosial Republik Indonesia menyampaikan bahwa dalam

Pasalnya menurutnya pada hakekatnya  peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

“Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme pantang menyerah berdisiplin,berkarakter menguasai ilmu pegetahuan dan keterampilan di bidangnya” jelasnya.

memperingati hari pahlawan di tahun 2018 ini adalah momentum bagi kita semua untun mengintropeksi diri.

Usai melaksanakan upacara, Bupati Tabalong bersama dengan pejabat Forkopimda dan jajaran SKPD di lingkup pemda tabalong beriziarah ke taman makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan Mabuun. (MC Tabalong/Gilang).

Byuseradmin

Tabalong peringkat kedua di MTQ Tingkat Kalsel

Kabupaten Tabalong meraih peringkat kedua  pada pelaksanaan MTQ ke – 31 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang ditutup Rabu malam.

Hasil keputusan dewan hakim nomor 001/Kep/DH – MTQ/31/KS/11/2018 tentang penetapan peserta terbaik juara pertama diraih Kota Banjarmasin dengan nilai 84 dan Kabupaten Tabalong 75 serta peringkat ketiga Banjar 63.

Para kafilah Tabalong yang berhasil meraih juara diantaranya hafizah terbaik golongan 10 juz Norazizah dan golongan tuna cacat netra qoriah terbaik Linah.

Termasuk predikat juara favorit golongan tafsir Bahasa Arab juga diraih kafilah Tabalong Mahmudi.

“Alhamdulillah kafilah Tabalong bisa raih prestasi terbaik dan pelaksanaan MTQ ini jadi ajang  syiar nilai alquran,” jelas Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Selanjutnya para juara ini akan dipersiapkan untuk mengikuti even keagamaan di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu penutupan MTQ Ke – 31 tingjat Provinsi Kalsel ini dihadiri Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan serta artis ibukota Via Vallen.

Pembacaan alquran oleh qori nternasional dari Medan Darwin Hasibuan mengawali acara penutupan MTQ di Tanjung Expo Center.

Rudy menyampaika pelaksanaan MTQ tahun ini jadi  evaluasi bersama untuk pelaksanaan even yang sama.

“Saya ingin semua pihak dapat menanamkan semangat dan tekad untuk terus mengamalkan dan membumikan Alquran,’ jelas Rudy.

Byuseradmin

Pertamina – Kejaksaan tandatangani kerja sama perlindungan hukum

PT Pertamina EP Aset 5 Tanjung Field dan Kejaksaan Negeri  Kabupaten Tabalong menandatangani kerjasama  perlindungan hukum terkait  kegiatan produksi minyak dan gas maupun operasional perusahaan.

Penandatanganan dilakukan Kepala Kejaksaan Negeri Tabalong Gede Made Pasek Swardhyana  dan Manager Lapangan PT Pertamina EP Aset 5 Tanjung Field Muhammad Firdaus Sabaruddin.

“Kerja sama ini terkait perlindungan hukum jika dalam kegiatan produksi pertamina mendapat gugatan,” jelas Firdaus.

Selanjutnya melalui kerjasama ini manajemen pertamina berharap bisa mempermudah penyelesaian hukum terkait aset negara yang berada di wilayah operasional perusahaan.

Kejari Tabalong Gede Made Pasek Swardhyana menyampaikan ada beberapa perlindungan hukum yang bisa diberikan ke pertamina.

“Mediasi dan negosiasi bisa kita lakukan kepada masyarakat untuk memberi pemahaman terkait aset negara,” jelas Made.

Termasuk memberikan pertimbangan hukum terkait sengketa lahan atau aset yang berada di wilayah operasional pertamina.

Byuseradmin

Deny Renopatri Guru SDN asal Tabalong raih penghargaan Anugerah Ki Hajar 2018

Deni Ranoptri  seorang Guru Sekolah Dasar Negeri 1 Nawin Hilir asal Kabupaten Tabalong,Kalimantan Selatan  berhasil terpilih sebagai Duta Rumah Belajar Terbaik Nasional 2018. Dimana predikat tersebut tersebut ia dapatkan dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat perhelatan Anugerah Ki Hajar 2018 kategori Duta Rumah Belajar Terbaik Nasional 2018.di The Sultan Hotel Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu.

Duta Rumah Belajar sendiri merupakan perpanjangan tangan Pustekkom dalam mensosialisasikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dimana Deny Ranoptri yang mewakili Kalimantan Selatan berhasil mengalahkan 100 peserta dari provinsi lainnya se Indonesia, setelah melewati 4 kali tahapan pemilihan bimbingan teknis terkait teknologi informasi dan komunikasi.

Dikatakan Deni , event ini diselenggarakan baru dua kali dan baru tahaun ini Tabalong bisa ikut yang sekaligus bisa langsung meraih penghargaan dan itu diluar prediksi.

“Alhamdulillah saya tidak menyangka dan menduga bisa terpilih sebagai sebagai Duta Rumah Belajar Terbaik Nasional 2018, mengingat selama ini pendidikan di Kalsel dianggap sedikit ketinggalan namun dari ide dan gagasan serta penerpan yang saya buat ternyata menghasilkan sesuatu yang berbeda dibanding 7.000 guru se-Indonesia dalam menyongsong pendidikan 4.0.”katanya.

Diakuinya, kondisi dari  sarana prasarana kompetensi guru yang ada di daerah masih banyak yg memang butuh reformasi dibanding dengan daerah lain dalam penyelerasan kemampuan guru dalam pemanfaatan Information and Communication Technologies (ICT) dan Ini akan menjadi masalah jika pendidikan 4.0 ini dibawa keruang kelas mengingat pendidik kita belum siap, semoga pelaku pendidikan di daerah mempersiapkan hal tersebut.

“Harapan saya semua pelaku pendidikan bersiap menyongsong pendidikan 4.0, reformasi sekolah, kondisi sarana dan prasarana,namun untuk peningkatan kompetensi guru mari kita bersama sama belajar.”harapnya.

Lanjutnya, atas diterimanya penghargaan ini, Deny mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Pemerintah daerah Kabupaten Tabalong yang selama ini telah banyak memberikan bimbingan,dukungan dan apresiasi pada putra daerah.

“Mudah mudahan ini menjadi motivasi dan stimulan bagi guru lainnya untuk terus meningkatkan kemampuan pada bidang Information and Communication Technologies (ICT) dalam menyongsong pendidikan 4.0.”pungkasnya

Dengan terpilihnya sebagai Duta Rumah Belajar terbaik nasional,Deni Ranoptri  berkesempatan mengikuti bimtek pengembangan bahan ajar TIK, baik di pusat maupun daerah, serta dilibatkan pada kegiatan Pustekkom pusat dan daerah. MC Tabalong/Said

Byuseradmin

Kampung Kutam Tabalong akhirnya masuk Bartim

Kementerian Dalam Negeri menerbitkan peraturan Nomor 40 tahun 2018 terkait batas daerah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan dan Barito Timur, Kalimantan Tengah yang telah disosialisasikan di tingkat kabupaten.

Kepala Bidang Pemerintahan Arbuansyah di Tanjung, Jumat mengatakan terbitnya Permendagri tersebut berdampak masuknya Kampung Kutam bagian Desa Bintang Ara dalam wilayah Kabupaten Barito Timur.

“Mengacu Permendagri Nomor 40 tahun 2018 akhirnya Kampung Kutam masuk wilayah Bartim,” jelas Arbuansyah.

Padahal sebelumnya pelayanan di Kampung Kutam   dilaksanakan Pemkab Tabalong karena hanya berjarak lima kilometer dari Desa Bintang Ara.

Ada sekitar 75 kepala keluarga di Kampung Kutam dan sejumlah aset Pemkab Tabalong seperti SD Negeri 1 Burum dan posyandu Melati II juga ada di Kampung ini.

Kasubag Administrasi Kewilayahan dan Kerja sama Joko Eddy Sukoco menambahkan masuknya Kampung Kutam ke Barito Timur juga terkait   kesepakatan lama antara Pemprov Kalsel – Kalteng pada tahun 2000.

“Kampung Kutam masuk dalam Hak Guna Usaha PT Hasfarm yang diterbitkan Pemprov Kalimantan Tengah sehingga statusnya masuk wilayah Kalteng,” jelas Joko.

Selanjutnya Pemkab Tabalong akan
berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait untuk menindaklanjuti permasalahan ini mengingat adanya aset daerah yang ada di Kampung Kutam.

Meski Permendagri ini telah diberlakukan  ungkap Joko pelayanan di Kampung Kutam akan tetap dilakukan Pemkab Tabalong sambil menunggu sikap dari Pemkab  Barito Timur.