Category Archive Info Daerah

Byuseradmin

Harga Ikan Terus Naik, Haruan capai Rp. 70 ribu/kilogram

Pergantian musim dari kemarau ke musim hujan mempengaruhi populasi ikan gabus di Tabalong dan sekitarnya.

Akibatnya harga ikan yang menjadi favorit makanan warga Tabalong inipun melambung tinggi hingga mencapai Rp. 60 ribu sampai Rp. 70 ribu perkilogramnya.

Padahal dalam kondisi normal harga ikan yang dikenal sebagai ikan haruan ini berkisar Rp. 45 ribu perkilogramnya di pasar pasar tradisional.

Misran salah seorang pedagang ikan di pasar Kelua  mengatakan  kenaikan harga ikan gabus sudah terlihat sejak bulan juli yang lalu.

“pasokan dari agen mulai berkurang karena pengaruh cuaca dan harga pun berangsur naik hingga kini mencapai hingga Rp. 70 ribu perkilogramnya” terangnya.

Masyarakat  kini menurutnya beralih ke jenis ikan lain yang masih keluarga dari ikan gabus seperti ikan taoman, kihung  dan karandang yang relatif masih banyak dan harganyapun tidak semahal ikan gabus.

Muna ibu rumah tangga yang juga penggemar ikan gabus mengiyakan jika dirinya kini beralih ke ikan tauman karena mahalnya ikan gabus.

“Tidak mesti ikan gabus, bisa pakai ikan lain seperti tauman rasanya tetap enak untuk dikonsumsi ,” ujarnya.

Kenaikan harga bukan hanya pada ikan gabus, ikan nila juga nengalami kenaikan harga dari Rp35/kg menjadi Rp45 ribu/kg (mc/boel / Koran Kontras )

Byuseradmin

Pengelola Ekowisata Karamo Tabalong Terima Bantuan Sapras

Ekowisata Puncak Karamo di Desa Taratau Kabupaten Tabalong yang dikelola Kelompok Tani Hutan setempat terus dikembangkan menjadi tujuan wisata lokal.

Salah satunya penambahan sarana dan prasarana pendukung bagi pengelola Kelompok Tani Hutan Karamo Bersinar bagi peningkatan pelayanan di ekowisata ini.

“Bantuan sarana dan prasana telah kita serahkan kepada KTH pengelola ekowisata Puncak Karamo,” jelas Kepala Seksi Pemanfaatan Hutan Kabupaten Tabalong Aidil Fahruraji.

Sarana dan prasana berupa perlengkapan susur sungai merupakan bantuan Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah IX Banjarbaru yang diserahkan melalui KPH Kabupaten Tabalong.

Bantuan berupa alat susur sungai masing – masinh perahu karet, dayung, Helm, pelampung, kayak hingga kantung tidur.

Ketua Kelompok KTH Karamo Bersinar Jaenudin menyampaikan sebelumnya juga menerima bantuan alat susur sungai dari PT Adaro Indonesia berupa 50 pelampung, helm dan kamera anti air.

“Puncak Karamo selain menyuguhkan panorama pegunungan juga menyediakan sarana susur sungai bagi pengunjung,” jelas Jaenudin.

Selaku pengelola ekowisata ini KTH Karamo Bersinar telah  menandatangani Nota Kerjasama Kemitraan (NKK) dengan KPH Tabalong  untuk mengelolaan Jasa Lingkungan Wisata Alam. ( Sumber Antara News )

Byuseradmin

Keterbukaan Publik Jadi Program Inovasi Tabalong

Lembaga Kantor Berita Antara Biro Kalimantan Selatan memberikan penghargaan kepada 13 kepala daerah terkait program inovasi atau terobosan di masing – masing wilayah.

Termasuk Kabupaten Tabalong melalui program keterbukaan publiknya dengan mengoptimalkan Lembaga Penyiaran Publik Lokalnya.

Mewakili Bupati Tabalong Aberani Aberar menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan Antara Kalsel Award 2018. “Pemerintah Daerah ingin mencerdaskan masyarakatnya melalui lembaga penyiaran lokal,” jelas Aberar.

Penghargaan sendiri diserahkan langsung Dirut LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat di Mahligai Pancasila Banjarmasin bersamaan peringatan HUT Antara ke – 81.

Menurut Meidyatama penghargaan yang diberikan merupakan penilaian terhadap kinerja yang telah dicapai masing – masing pemerintah daerah atas terobosannya.

LKBN Antara pun punya tanggungjawab menyebarluaskan informasi kepada masyarakat lokal, nasional hingga mancanegara.

“Antara pun ingin mempublikasikan hasil pembangunan yang telah dicapai oleh pemerintah daerah,” jelas Meidyatama.

Sementara itu program keterbukaan publik di kabupaten Tabalong melalui program unggulan TV Tabalong berupa “Tabalong Hari Ini” dan “Tabalong Dialog”. ( Sumber ANTARA NEWS )

Byuseradmin

Terbitan Terbaru PC Linux 2019

Nikmati berbagai informasi distro terbaru tentang Dunia LINUX diawal tahun 2019 ini, temukan tip dan trik menggunakan aplikasi linux serta apa saja software yang akan muncul di Tahun 2019, simak semuanya dimajalah edisi terbaru linux melalui link dibawah ini :

UNDUH MAJALAH

Byuseradmin

Desa Barimbun Juara III Lomba Siskamling Tingkat Provinsi

Desa Barimbun salah satu Desa di Kecamatan Tanta berhasil meraih prestasi sebagai juara III pada lomba Siskamling Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018.

Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani Senin (31/12/2018) pada kegiatan upacara apel gabungan SKPD di Lapangan Taman Giat Kota Tanjung menyerahkah piagam penghargaan sebagai juara III Lomba Siskamling dari pemerintah provinsi Kalimantan Selatan kepada Desa Barimbun yang diterimakan oleh Camat Tanta H.Rusmadi.

Dalam Sambutannya Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Desa Barimbun yang telah meraih dua pristasi pada lomba Tingkat Provinsi.

“Keberhasilan ini saya katakan karena ada semangat yang tinggi dari Kepala Desa dan perangkatnya untuk meraih prestasi yang terbaik,” katanya.

Pada upacara apel gabungan SKPD itu Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan lomba siskamling kepada Kelurahan Tanjung, dan piagam penghargaan atas dukungan dan pembinaan kepada pengusaha yang telah berhasil mendapatkan penghargaan produktivitas Siddhakarya Tahun 2018.

Apel gabungan SKPD diakhir tahun 2018 tersebut Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani meminta kepada semua Kepala SKPD untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja yang telah dilaksanakan di tahun 2018.

“Saya berharap kita semua dapat meningkatkan kinerja di tahun 2019 yang lebih baik lagi, ayo ciptakan kerja maksimal,” imbuhnya (metro7/via).

Byuseradmin

Perusahaan Harus Prioritaskan Naker Lokal

 

Tingginya angka pencari kerja di Kabupaten Tabalong yang mencapai 5.000 lebih menjadi perhatian anggota DPRD setempat mengingat adanya sejumlah perusahaan yang banyak merekrut naker luar ‘Bumi Saraba Kawa’ ini.

Ketua DPRD Kabupaten Tabalong Darwin Awi mengingatkan ratusan perusahaan yang beroperasi di wilayah ini bisa melakukan rekrutmen tenaga kerja secara terbuka.

“Prioritaskan naker lokal selain iu lakukan rekrutmen secara terbuka,” jelas Darwin saat memimpin rapat dengar pendapat bersama perwakilan perusahaan dan Dinas Tenaga Kerja.

Dalam rapat dengar pendapat membahas soal ketenagakerjaan ini sejumlah anggota dewan menyoroti banyaknya tenaga kerja baru yang justru dari luar Tabalong dsn masih berstatus pelajar.

“Siswa belum lulus dari luar Tabalong sudah dapat tawaran kerja sementara ada ribuan pencari kerja di Tabalong,” tegas anggota Komisi III Jurni.

Hal senada juga dilontarkan Sumiati, Mursalin dan Nabahan Fiji yang mengharapkan itikad baik perusahaan untuk bisa mempekerjakan naker lokal.

Dengan mengayomi tenaga kerja lokal setidaknya perusahaan mendukung upaya menciptakan situasi kondusif di daerah mengingat persoalan pengangguran bisa picu masalah sosial lainnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Syaiful Ikhwan mengatakan saat ini tercata 5.200 pencari kerja dan lowongan kerja yang terdaftar hanya sekitar 300.

“Kita terus mengupayakan peningkatan pelatihan kerja agar warga lokal bisa punya keterampilan serta siap bekerja,” jelas Syaiful.

Sementara itu perwakilan PT Adaro Indonesia Sherly mengatakan pihaknya akan menyampaikan berbagai masukan dari wakil rakyat ini ke pihak manajemen.

Selanjutnya dewan setempat berencana akan mengundang para pimpinan perusahaan selaku pengambil kebijakan untuk membahas persoalan ketenagakerjaan ini.