Yearly Archive 2018

Byuseradmin

Setelah Lakukan Ikrar Damai, Parpol Ikuti Pawai Keliling Kota Tanjung

Pawai keliling kota Tanjung dan sekitarnya dilakukan parpol peserta Pemilu 2019 Kabupaten Tabalong, Minggu (23/9/2018) sore.

Menggunakan kendaraan roda empat yang dihiasi atribut parpol, rombongan pawai di lepas dari depan Kantor KPU Tabalong di Jalan Tanjung Selatan.

Selain parpol peserta pemilu, pawai yang diberi nama Kirab Damai ini juga diikuti jajaran KPU Tabalong dan Bawaslu Tabalong.

Sejumlah personel Polres Tabalong nampak terlibat langsung dalam kegiatan ini, baik melalukan pengamanan di jalur dan mengawal rombongan pawai.

Sementara itu, sebelum menggelar kirab damai, kegiatan yang diinisiasi KPU Tabalong ini diawali dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar damai parpol peserta pemilu 2019.

Pembacaan dan penandatanganan dilakukan di dalam aula KPU Tabalong dengan disaksikan komisioner KPU, Bawaslu, Pemkab dan unsur FKPD Tabalong.

Dalam ikrar yang dibacakan masing-masing ketua parpol ini, disebutkan sebagai peserta pemilu mereka siap dipilih dan siap tidak dipilih.

Kemudian menyatakan siap mentaati peraturan yang berlaku selama berkampanye dan juga siap menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Tabalong.

Ketua KPU Tabalong, Agus Musdian Noor, menyampaikan, kegiatan ikrar dan kirab damai ini, diikuti semua parpol yang menjadi peserta pemilu 2019.

Ikrar dan kirab damai ini menjadi kegiatan awal masa kampanye dari 23 September 2018 hingga 13 April 2019.

“Kirab damai tujuannya untuk mensosialisasikan parpol sebagai peserta Pemilu 2019 yang ada di Kabupaten Tabalong,” katanya.

Agus juga menyatakan ikrar dan kirab damai yang merupakan hasil kerjasama yang baik dengan parpol ini menjadi satu-satunya di Kalsel.

“Alhamdulillah ikrar damai dan kirab damai ini satu-satunya di Kalsel, mudahan kerjasama yang baik ini bisa terus dipertahankan,” ucapnya. (sumber : banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Byuseradmin

APBD perubahan 2018 Tabalong Rp1,5 Triliun

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menggelar rapat paripurna pembahasan Raperda APBD perubahan 2018 dengan agenda penyampaian pendapat tujuh fraksi.

Anggota Fraksi Golkar Hasbianoor di Tanjung, Jumat mengatakan total pendapatan daerah pada APBD perubahan 2028 nencapau Rp1,5 triliun lebih tinggi dibanding 2017 sekitar Rp1,3 triliun.

“Perubahan anggaran  ini diharapakan memberi kontribusi yang besar guna wujudkan capaian strategis,” jelas Hasbianoor.

Pada APBD perubahan 2018 ini tidak ada  Sisa Lebih Pembiayaan atau Silpa yang menunjukkan penerimaan pembiayaan dapat menutupi defisit anggaran yang terjadi.

Hasbianoor menyebutkan defisit maupun pembiayaan  daerah pada APBD perubahan 2018 sebesar Rp114 miliar.

Sedangkan belanja mencapai Rp1,6 triliun, pengeluaran Rp4,6 miliar dan pembiayaan netto Rp114 miliar.

Rapat paripurna sendiri diawali laporan dari Ketua Badan Anggaran Jurni yang menyampaikan perubahan anggaran masing – masing perangkat daerah

Selanjutnya tujuh fraksi dewan dalam pendapat akhirnya menyetujui Rancangan Peraturan Daerah APBD perubahan 2018 menjadi perda.

Byuseradmin

KPU Tabalong Sosialisasikan Pelaksanaan Kampanye Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan melaksanakan sosialisasi pelaksanaan kampanye kepada partai politik peserta Pemilu 2019.  Ketua KPU Kabupaten Tabalong Agus Musdian Noor di Tanjung, Rabu mengatakan meminta parpol peserta pemilu di wilayah ini bisa memahami peraturan KPU Nomor 23 tahun 2018 terkait pelaksanaan kampanye.

“Kita akan melaksanakan kampanye damai dengan melibatkan seluruh parpol peserta pemilu,” ungkap Agus.
Melalui kampanye damai ini sebagai bentuk penyebarluasan informasi terkait Pemilihan Presiden maupu anggota legislatif 2019 kepada masyarakat.
Selanjutnya terkait teknis pelaksanaan kampanye disampaikan komisioner KPU setempat Cicik Agus Sulistiani didampingi divisi teknis penyelenggaraan dan humas Abdillah.
Cicik menyampaikan ada empat lokasi kampanye tambahan yang masih diusulkan ke Pemkab Tabalong karena statusnya aset pemerintah daerah.
Diantaranya Tanjung Ekspo Bersinar, Taman Giat Tanjung dan Stadion Olahraga Pembataan.
“Sesuai jadwal yang telah disusun 15 parpol masing – masing dijatah 12 lokasi kampanye,” jelas Cicik.
Selanjutnya metode kampanye mencakup pertemuan terbatas, tatap muka,  rapat umum, penyebaran bahan kampanye dan  pemasangan alat peraga kampanye.
Jadwal kampanye sendiri mulai 23 September 2018 sampai 23 April 2019 dengan ketentuan untuk pertemuan terbatas maksim 1.000 orang.
“Untuk kampanye tata muka dalam ruang tertutup maupun terbuka tidak ada batasan peserta,” jelas Cicik.*

Byuseradmin

Ciptakan Pribadi Mandiri dan Siap Kerja

Dengan tujuan dapat menciptakan pribadi mandiri dan siap kerja, lembaga Pelatihan Kursus (LPK) yang terdiri dari LPK Pradata Komputer, LPK Prima Smart, LPK Interactive Media  dan LPK Kirana Education menggelar Program Pendidikan kecakapan Kerja dan Kewirausahaan Tahun 2018 di Pusat gedung Informasi, Senin (17/9) kemarin.

“Program Pendidikan Kecakapan Kerja dan Kewirausahaan akan memberikan pendidikan berbasis informasi teknologi dan pelatihan computer, Tata Rias serta Tata Boga,”kata Ketua Pelaksana Program Pendidikan dan Kewirausahaan Tahun 2018 Awiek Hadi Widodo.

Disamping diberikan pendidikan dan pelatihan peserta juga diberikan Motivasi dan Materi pengembangan diri. “Dengan adanya motivasi dan pengembangan diri akan membuka pola fikir mereka untuk berkembang menjadi baik,”tambahnya.

Kedepannya, kata Awiek, tahun 2019,  setiap lembaga  harus mampu meluluskan peserta yang siap kerja dan mandiri sebanyak 150 orang setiap tahunnya. “Mengingat lembaga pelatihan ini sudah ada pendidikan berbasis informasi teknologi dan pelatihan komputer multimedia, Tata Rias, Tata Boga  dan lainnya,”bebernya

Selain itu,  untuk pembelajarannya sendiri yang diberikan  berkonsep AKS (Attitude, Konowledge, dan Skill) bukan SKA (  Skill, Knowledge, Attitude) Jika Attitude tidak diruabh maka ketika ikut pelatihan dalam otaknya hanya satu yaitu uang,jika sudah demikian maka ilmu yang didapat tidak akan pernah dapat diaplikasikan,.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Hj Hamidah Munawarah yang saat itu mewakili Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu.

“Selain sangat positif, kegiatan ini dianggap strategis dalam menjawab permasalahan terkait ketenagakerjaan,” katanya.

Oleh karena itu, nantinya peserta mampu mengubah pola fikir menjadi pola fikir intreupuener . Pasalnya kegiatan tersebut sebagai modal awal menjadikan kuliatas SDM yang kompeten  dalam mewujudkan wirausaha baru  di Kabupaten Tabalong.

Akhiri acara dilakukan penyerahan secara simbolis tanda peserta dan materi pendidikan kepada salah satu peserta oleh Hj Hamida Munawarah yang disaksikan 85 peserta . (Said)

Byuseradmin

Rebut 13 Piala

Kabupaten Tabalong berhasil merebut sebanyak 13 piala dari semua kategori yang dilombakan dalam rangkaian acara Jambore Kader PKK se Kalimantan Selatan, pembagian piala pada acara penutupan Jambore Kader PKK ditutup secara  resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Syahbirin Noor dan Ketua Pembina dan Ketua TP PKK Kalimantan Selatan Hj. Raudatul Jannah, Selasa (19/9) di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

13 piala yang diperoleh terdiri dari sejumlah lomba diantaranya juara 1 lomba parade khas daerah (yel-yel) yang nantinya akan dikirim untuk mengikuti lomba ditingkat Nasional pada tanggal 4 Oktober 2018, juara 1 lomba Dasawisma, juara harpan 1 lomba peyuluhan 10 program pokok PKK, juara 2 lomba masak non beras berbahan pangan lokal, lomba harapan 3 cerdas cermat, juara harpan 3 gembira joged balon, juara harapan 3 lomba merias mata tertutup, juara harap 1 lomba gelar dagang UP2K.

Gubernur Kalimantan Selatan H. Syahbirin Noor dalam sambutanya mengatakan, ucapan selamat atas terselenggaranya Jambore Kader PKK se Kalimantan Selatan ini semangat ibu-ibu kader PKK se Kalimantan Selatan dalam melaksanakan pengabdian untuk melaksanakan 10 program pokok PKK untuk mewujudkan kehidupan masyarakat lebih baik lagi.

“Saya berharap jambore tahun depan berkibar lagi  dengan penuh semangat dan mampu mengemban visi dan misi dalam rangka membina masyarakat untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik, dengan adanya kader posyandu dan PKK
Masyarakat Kalimantan Selatan akan semakin tangguh dan kuat”jelasnya

Gubernur Kalimantan Selatan juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba dalam rangakai acara Jambore Kader PKK se Kal Sel ini agar nantinta para kader PKK selalu menjalankan program PKK dengan baik di tempat masing-masing daerah.MC Tabalong

Byuseradmin

Mulai 1 September BPJS Wajib Menerapkan Sistem Rujukan Online

Mulai 1 September 2018 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan di Indonesia mewajibkan seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk menerapkan sistem rujukan online.

Dimana penggunaan sistem rujukan online menggantikan sistem yang sebelumnya menggunakan manual ,hal ini dilakukan demi membuat proses rujukan oleh peserta lebih cepat dan bisa didata dengan tepat waktu.

Selain itu untuk memastikan layanan berkualitas bagi peserta jaminan kesehatan nasional kartu indonesia sehat, Fasilitas Kesehatan yang bermitra dengan BPJS seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Tabalong turut serta menerapkan sistem rujukan online tersebut,

Dimana sebelumnya sistem telah di uji coba dari tanggal 15 sampai 31 Agustus lalu, dan pada akhirnya di 1 september sistem siap digunakan sepenuhnya.

Hal tersebut di ungkapkan kepala BPJS Kabupaten Tabalong saat ditemui awak media, Jumat,(13/9).
“ Jadi sistem rujukan online ini nantinya akan memberikan kemudahan bagi fasilitas kesehatan untuk memberikan rujukan ke faskes yang telah terkoneksi pada penerima rujukan, selain itu juga sistem ini akan memberikan kecepatan pelayanan kepada pasien sehingga mencegah terjadinya antrean panjang dirumah sakit maupun Faskes Lainnya.’’kata Ideham Halik selaku Kepala BPJS Tabalong saat ditemui di ruangannya.

Disamping itu, Ideham juga menambahkan bahwa setiap harinya pasien dan pengguna BPJS semakin bertambah, oleh sebab itu Faskes dituntut juga untuk meningkatkan pelayanannnya kepada masyarakat yaitu dengan sistem rujukan online ini diterapkan hal tersebut untuk membantu pihaknya dalam memberikan pelayan optimal.

“Jadi manfaat sistem rujukan online ini bagi peserta atau pasien pengguna BPJS,mereka tidak repot lagi membawa surat rujukan lagi, cukup datang ke Faskes atau dokter yang bekerjasama dengan BPJS ,menunjukan kartu BPJS, maka otomatis sudah terekam di sistem rujukan online di RS dan Faskes lainnya.”bebernya.

Lanjutnya, karena masih baru diterapkan rujukan online ini pasti ada berbagai kendala, terutama dari signal yang mempengaruhi akseks internet.
“Jadi salah satu kendala kami salah satunya dari signal yang mempengaruhi akses internet, juga tidak meratanya jaringan, apalagi bila didaerah yang lumayan jauh, kadang signal timbul tenggelam yang akhitya mempengaruhi sistem yang meakibatkan data pasien tidak muncul diaplikasi tersebut.”tambahnya.

Ia berharap kendala tersebut bisa diperbaiki , dan mudah mudahan sistem komunikasi data ini terus berjalan, karena hal ini sangat berguna sekali dalam hal memberikan pelayanan yang cepat,juga karena di era digital kita harus mampu mengikuti supaya tidak ketinggalan dalam memajukan dibidang pelayanan untuk kedepannya semakin bagus.

Sebagai informasi dari 16 puskesmas yang ada di Tabalong, ada 15 puskesmas telah menerapkan sistem online , sedangkan satu puskesmas yakni puskesmas ribang kecamatan Muara Uya masih menggunakan sistem manual dikarenakan adanya kendala jaringan ditempat tersebut. (Said)