Yearly Archive 2018

Byuseradmin

IPM Kabupaten Tabalong sejajar dengan kota besar

Keberhasilan pembangunan di Kabupaten Tabalong sangat signifikan dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusi yang saat ini masuk lima besar tingkat Provinsi Kalsel.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan geliat pembangunan infrastruktur berdampak positif pada IPM yang terus meningkat hingga 70,76.

“Menurut angka psikologis poin IPM Tabalong masuk dalam kategori High Human Indeks atau sejajar dengan IPM Kabupaten/Kota besar yang ada di Indonesia,” kata Anang.

Hal ini disampaikan Anang pada Upacara HUT Kabupaten Tabalong ke – 53 di  Taman Giat Kota Tanjung dengan tema “Inovasi dan Kerja Bersama Menuju Kemandirian”.

Untuk peningkatan infrastruktur daerah terlihat dari kondisi jembatan dan irigasi yang baik.

Tercatat dalam rentang 2015  – 2017 sudah terbangun 39 buah jembatan dan 261 meter lebih jaringan irigasi primer, sekunder maupun tersier.

Selanjutnya untuk mewujudkan visi pembangunan pemerintah Kabupaten Tabalong sesuai   RPJMD yakni menuju Kabupaten Tabalong yang agamis, sejahtera dan mandiri ungkap Anang sudah berada dalam rel yang benar untuk mencapai tujuan.

Byuseradmin

Pemenang kontes menyanyi tampil bareng Nisa Sabyan

Rasa bahagia menyelimuti para finalis  kontes menyanyi karena bakal tampil pada pembukaan konser Nisa Sabyan Gambus pada puncak HUT Kabupaten  Tabalong 3 Desember 2018.

Ketua panitia kontes menyanyi  Cherida Ramadhanullah mengatakan empat finalis terpilih nantinya selain  tampil pada pembukaan konser Sabyan Gambus juga akan dipilih duet bersama Nisa.

“Nisa akan menilai langsung penampilan empat finalis dan yang terbaik bisa duet bersama  penyanyi lagu Islami ini,” jelas Cherida.

Empat finalis lomba menyanyi audisi Sabyan ini masing – masing Agustina Safitri,  Devi Putri Milanda,  Shifa Nurhaliza dan  Leni Marliyana.

Salah satu finalis Agustina Safitri  mengungkapkan rasa gembiranya karena bisa lolos menjadi salah satu dari empat terbaik dalam kontes menyanyi memeriahkan HUT Tabalong ke – 53.

“ Alhamdulillah bisa masuk empat besar dan berharap bisa nyanyi.bareng Nisa,” jelas mahasiswa STIT Syekh Muhammad Nafis Tabalong ini.

Sebagai persiapan Agustina pun melatih teknik vokal secara mandiri termasuk menjaga kondisi badan agar lebih fit.

Byuseradmin

Doa Bersama kelompok Lintas Agama

Doa bersama oleh lintas agama yang digelar  masyarakat Kecamatan Upau sebagai wujud permohonan, dukungan, kekuatan dan kerukunan antar umat beragama serta perdamaian di Indonesia.

Bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Upau, Sabtu (1/12),  kegiatan doa bersama ini sekaligus untuk memperingati HUT Tabalong ke 53 yang jatuh pada tanggal 1 desember 2018.

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah tokoh  kelompok  lintas agama  yakni agama Islam, Kristen, Katolik dan Hindu, selain itu juga dihadiri oleh Camat Upau, Aparat Pemerintahan Desa dan sejumlah siswa siswi SLTP.

Ketika di temui di ruangannnya,  Camat Upau,  Reinward mengatakan kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan apel pagi, dan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Tabalong dilanjutkan dengan doa bersama dengan lintas agama.

“Saya berharap dengan keberanekaan umat beragama dan suku yang ada di Kecamatan Upau selalu terjalin dengan rukun dan damai, “katanya.

Senada dengan hal itu, Ketua MUI Kecamatan Upau, Mujianto mengatakan dengan doa bersama ini sekaligus memperingati Hari Jadi  Tabalong ke 53, “saya berharap dan mudah mudahan warga Tabalong semakin sejahtera aman dan selalu diberkahi Allah SWT, “jelasnya.

Adapun kegiatan doa bersama lintas agama ini  diakhiri  dengan jalan santai yang diikuti sejumlah masyarakat yang hadir serta puluhan doorprize menarik yang sudah disediakan oleh panitia. (MC Tabalong/mona).

Byuseradmin

Warga Tabalong Berebut Hadiah Jalan Santai

Ratusan warga Tabalong berkumpul di Taman Giat Kota Tanjung pada minggu pagi,(2/12). Mereka berkumpul memperebutkan sejumlah hadiah dalam acara jalan santai.

Jalan santai ini menyedaikan berbagai hadiah menarik, seperti barang elektronik dan sepeda. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong, Zain Ramali yang bertindak selaku ketua pelaksana mebenarkan hal tersebut. “Hari ini kami menyediakan 4 buah sepeda dan tv 32 dan banyak hadiah lainya.” Katanya saat diwawancarai disela acara pembagian hadiah.

Rapima Maulia, salah seorang warga Keluarahan Hikun merasa terkejut karena dirinya menjadi peserta yang beruntung mendapatkan sebuah sepeda. “Saya nggak nyangka ikut jalan santai hari ini bisa mendapat sepeda, Alhamdulilah banget.” Katanya.

Jalan santai ini digelar dalam rangka Hari jadi Kabupaten Tabalong ke-53, dengan melewati beberapa ruas jalan di kota Tanjung. Yaitu jalan Jend Sudirman-jalan Penghulu Rasyid dan depan kantor lurah Tanjung lalu finish di Taman Giat Kota Tanjung.

Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani juga ikut berjalan santai bersama warga. Dalam kesempatan ini, Ia juga mengajak warga Tabalong untuk menghadiri acara Tabalong Bershalawat di Halaman Pendopo Bersinar malam ini.

“Saya mengundang pada malam ini akan dilaksanakanya Tabalong bersolawat di Halaman Pendopo Bersinar Tanjung dan puncak acara pada hari Senin 3 Desember” ajaknya. (MC Tabalong/Mona).

Byuseradmin

Kontrak Tenaga Pendamping Gerbang Emas Tak Diperpanjang

Puluhan tenaga pendamping desa dan kecamatan untuk program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera di Kabupaten Tabalong harus gigit jari karena mulai 2019 kontak kerja  dihentikan.
Satu tenaga pendamping kecamatan Rahmawati menyampaikan telah menerima informasi terkait habisnya masa kontrak kerja hingga Desember 2018.
“Tahun depan tidak ada lagi kontrak kerja bagi tenaga pendamping yang didanai dari APBD kabupaten,” jelas Rahmawati.
Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tabalong Arianto membenarkan soal tidak diperpanjangnya kontrak kerja tenaga pendamping Gerbang Emas ini.
“Ada 80 tenaga pendamping yang tidak kita perpanjang lagi kontraknya terhitung sejak 2019,” jelas Arianto.
Hal ini pun sudah disampaikan ke seluruh tenaga pendamping agar bisa memahami kebijakan dari Pemkab Tabalong.
Arianto menyampaikan penghentian  ini terkait adanya Tenaga Pendamping Inovasi Desa (TPID)  yang direkrut  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang ditugaskan di Kabupaten Tabalong.
Dengan alasan tidak terjadi tumpang tindih akhirnya Pemkab Tabalong tidak memperpanjang kontrak kerja bagi tenaga pendamping lokal dan cukup memberdayakan TPID.
Sebelumnya rekrutmen tenaga pendamping lokal dilaksanakan sejak  Agustus 2015 untuk mendukung program Gerbang Emas di ‘Bumi Saraba Kawa’ ini.

Byuseradmin

Bupati Tabalong Serahkan Bonus Prestasi Bagi Pelatih Dan Atlet NPC Tabalong

Sebagaimana Janji Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk memberikan penghargaan atas prestasi atlet Paralympic yang berlaga pada Peparprov III Kalimantan Selatan Tahun 2017 silam,  Kemarin ,Senin (19/11) bonus tersebut di serahkan langsung  Bupati Tabalong yang diwakilkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong,Hj Munawarah bertempat di Wisma Tamu Bersinar.

Dalam sambutan tertulis Bupati Tabalong yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong,Hj Munawarah mengatakan bahwa dirinya merasa senang dan gembira atas keberhasilan atlet National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Tabalong yang sudah berjuang  pada Kegiatan Peparprov III Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah prestasi atlet  NPC Kabupaten Tabalong pada peparprov III Kalsel berhasil dan telah membuktikan tekad dan semangat juangnya yang tinggi ,hingga akhirnya kabupaten Tabalong mampu bertengger di peringkat enam, dengan perolehan 17 medali emas, 17 medali perak  dan 29 medali perunggu.”tuturnya.

Lanjutnya, ia berharap dengan bonus dan penghargaan  yang diberikan kepada atlet maupun pelatih NPC bisa menjadi motivasi kita bersama untuk kemajuan dunia olahraga khususnya di bumi serabakawa.

Sementara itu, Ketua NPC Kabupaten Tabalong, Joko Sarasto sangat senang dan mengapresiasi kegiatan penyerahan Bonus yang diberikan Pemerintah daerah Kabupaten Tabalong melalui Bupati Tabalong kepada atlet dan pelatih paralympic meskipun bonus yang diterima baru hari ini setelah satu tahun kegiatan tersebut berlangsung.

“Saya sangat bersyukur sekali akhirnya hari ini bonus tersebut bisa langsung diberikan kepada atlet maupun pelatih NPC, walaupun sedikit terlambat, tetapi tidak menjadi suatu masalah buat kami,untuk selalu terus berprestasi .”Ujarnya.

Meskipun  NPC di Tabalong sendiri  baru dibentuk pada tahun 2016, dan ini pertama kalinya ikut di Peparprov dan berhasil  menoreh prestasi dengan meraih peringkat ke enam dari 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalsel pada ajang Peparprov III Kalimantan Selatan Tahun 2017 dan ini menjadi sebuah kebanggan sendiri bagi kami baik atlet,maupun pelatih NPC di Kabupaten Tabalong.

“Peringkat enam yang kita peroleh ini tidak lepas dari perjuangan atlet NPC ,selain baru dibentuknya NFC di Tabalong ,raihan prestasi ini sudah cukup bagus kalau dibandingakan dengan kabupaten atau daerah lainnya yang sudah lebih dulu membentuk NPC.”beber Joko.

Selanjutnya untuk mempersiapkan atlet NPC di kejuaraan berikutnya, Joko berserta pelatih akan mempersiapkan atlet tersebut dengan pembinaan dan latihan secara rutin yang didukung juga oleh pemerintah setempat.

Salah satu orang tua M Fitra Ramadhan, atlet NPC Cabang renang, Juliati merasa senang dan bersyukur karena sudah menerima penghargaan dan bonus dari pemerintah daerah Tabalong.

“Alhamdulilah dan saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui Bupati Tabalong yang sudah memberikan bonus kepada anak saya M Fitra Ramadhan,mudahan mudahan dengan penghargaan ini bisa digunakan untuk biaya pendidikan anak saya ke jenjang yang lebih tinggi.”tuturnya.

Meskipun memiliki kekurangan,yakni  Tuna Wicara (Bisu) , Kata Juliati ,dirinya selalu memberikan dukungan penuh kepada anaknya M Fitra Ramadhan dalam hal olahraga,terbukti dengan raihan prestasi di kejuaraan Peparprov III Kalimantan Selatan Tahun 2017 dengan mendapatkan tiga medali emas dan satu medali perak.

Selanjutnya,  bagi atlet NPC Kabupaten Tabalong yang  berprestasi dan meraih medali Emas,Perak dan Perunggu mendapatkan bonus berupa uang senilai Rp.20 Juta (Medali Emas), Rp.10 Juta (Medali Perak) dan Rp.5 Juta (Medali Perunggu) Per Medali.