Monthly Archive Februari 2018

Byuseradmin

Kapolres Ajak Perangi Berita Hoax Selama Pilkada

Kepala Kepolisian Resor Tabalong, Kalimantan Selatan, AKBP Hardiono mengatakan punya langkah strategis dalam mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2018 yang aman dan kondusif dengan memerangi potensi berita Hoax yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat di wilayah ini.

“Prioritas kita memerangi potensi berita hoax karena itu melalui sinergitas dengan kalangan media bisa membantu menyosialisasikan ke masyarakat untuk tidak percaya berita bohong,” jelas Hardiono di Tanjung, Kamis.

Melalui media sosial perlu ada edukasi ke masyarakat agar tidak ikut menyebarluaskan berita tidak benar mengingat adanya prediksi pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Tabalong tergolong paling rawan dibanding kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kalsel.

Hal ini disampaikan Hardiono saat menghadiri acara sinergitas Pemkab Tabalong, TNI/POLRI dengan Jurnalis Kabupaten Tabalong dalam rangka mendukung Pilkada yang aman dan kondusif.

Menurut Hardiono, adanya prediksi orang luar kalau Pilkada Tabalong rawan konflik menjadi suatu tantangan dan motivasi bersama untuk membuktikan pelaksanaan pesta demokrasi di `Bumi Saraba Kawa` ini bisa aman dan kondusif.

Salah satunya melalui sinergitas atau menyamakan persepsi semua kalangan termasuk jurnalis, anggota TNI/Polri hingga Aparatur Sipil Negara bersama – sama menjaga netralitas selama Pilkada 2018.

Dalam acara sinergitas ini Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong Abdul Muthalib dan Dandim 1008/Tanjung Letkol Arm Anang Krisna Indra Kumara memaparkan soal netralitas Aparatur Sipil Negara maupun anggota TNI.

“Media punya peranan besar dalam pembentukan opini dan penyebarluasan informasi di masyarakat karena itu melalui sinergitas kita bersama – sama membangun situasi yang kondusif,” jelas Letkol Arm Anang Krisna Indra Kumara.

Indra yang empat hari lagi pindah ke Mabes TNI di Jakarta ini juga mengingatkan jajarannya untuk terbuka dan tidak menjauhi para pencari berita serta menjalin komunikasi yang baik agar tercipta situasi yang aman.

Sedangkan Abdul Muthalib menjelaskan soal adanya tim pengawas khusus netralitas ASN selama Pilkada termasuk memberikan teguran lisan kepada oknum pejabat yang secara tidak langsung mendukung petahana.

“Terkait laporan video oknum pejabat yang diduga melanggar netralitas memang sudah diproses dan tidak ditemukan adanya pelanggaran namun kita tetap memberikan teguran lisan kepada oknum ASN agar bida menjaga netralitas selama Pilkada,” jelas Abdul Muthalib.

Selanjutnya perwakilan media yang bertugas di Kabupaten Tabalong menandatangani deklarasi netralitas selama Pilkada 2018 disaksikan Kapolres, Dandim 1008/Tanjung dan Sekda Kabupaten Tabalong. (Sumber Antara News)

Byuseradmin

Wabup Zony Alfianoor Jabat Plt Bupati Tabalong

Wakil Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Zony Alfianoor menjabat pelaksana tugas Kepala Daerah menyusul majunya petahana Anang Syakhfiani pada Pilkada 2018.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Tabalong Arbuansyah di Tanjung, Kamis menyampaikan tugas dan wewenang Bupati Tabalong dijalankan Wakil Bupati mulai hari ini.

“Selama Bupati cuti atau berhalangan sementara maka sebagai pelaksana tugas kepala daerah yakni Wakil Bupati Tabalong,” jelas Arbuansyah.

Hal ini sesuai SK Gubernur Kalsel Nomor 121/00117/PEM soal cuti di luar tanggungan untuk Anang Syakhfiani sejak 15 Februari sampai 23 Juni 2018.

Arbuansyah menambahkan soal pelaksana tugas kepala daerah juga diatur dalam SK Mendagri Nomor 270/729/OTDA tentang penegasan terkait pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Dalam surat keputusan Menteri Dalam Negeri itu menyebutkan selama menjabat Plt kepala daerah hak keuangan tetap sebagai wakil bupati.

“Untuk protokolernya tetap sebagai protokolernya Bupati Tabalong,” jelas Arbuansyah.

Sementara itu hari pertama sebagai Pelaksana Tugas Bupati Tabalong Zony belum masuk kantor karena melaksanakan tugas ke luar daerah.

Menurut satu staf di ruang Wakil Bupati Nina, Wakil Bupati sedang tugas ke Kota Banjarmasin dan rencananya baru kembali bekerja Senin (19/2)

Byuseradmin

Peserta Pilkada Tabalong Gaungkan Ikrar Damai

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabalong menggelar Deklarasi Ikrar Damai Pilkada di Halaman Kantor KPU Tabalong, Rabu (14/2/2018)

Deklarasi Ikrar damai diikuti ke empat pasangan calon Bupati/Wakil Bupati yang maju dalam gelanggang Pilkada Tabalong tahun 2018 mendatang. Masing masing bernama, H Noorhasani/H Eddyan Noor Idur, H Anang Syakhfiani/H Mawardi, H Winarto/H Ali Sibqi dan Hj Noor Farida/Aspianor.

Deklarasi itu dihadiri,diantaranya, Kapolres Tabalong, Dandim 1008/Tanjung, Ketua DPRD Tabalong dan Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung.

“Deklarasi Damai merupakan pernyataan sikap untuk siap di pilih dan siap tidak dipilih yang dilakukan oleh bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tabalong bersama tim sukses, Partai pendukung dan Relawan sedangkan Deklarasi Netralitas merupakan wujud dari sikap yang dilakukan oleh Penyelengara, Pengawas dan Pengamanan dalam pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2019,” tegas Ketua KPU Tabalong, Agus Musdian Noor. (MC Tabalong )

Byuseradmin

Bioskop Mini Golden Khusus Anak-Anak Kini Hadir di Tanjung

Untuk mengenalkan teknologi 3D, 4D , dan 5D ke masyarakat kabupaten Tabalong, Bioskop mini Golden Wahana dibangun di Kabupaten Tabalong.

Di bioskop mini tersebutlah, tayangan film yang bertemakan hewan-hewan purba dan langka seperti Dinosaurus ditambah melalui teknologi 3D, 4D, dan 5D ditampilkan.

“Bioskop mini Golden ini kita tujukan sebagai wahana untuk mengedukasi anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah di Tabalong baik anak TK, SD hingga kelas satu SMP,” ujar Ema Damayanti saat launching Bioskop mini Golden Wahana, di Pembataan, Sabtu (13/1/2018).

Hal ini menurut dia, karena saat ini masih banyak anak-anak di Tabalong yang kurang mengetahui film-film yang berteknologi 3D, 4D, dan 5D.

“Oleh karena itu, kami hadir untuk mengedukasi kepada anak-anak dari usia dini teknologi film yang kami sajikan” kata Ema selaku pemilik tunggal Bioskop mini Golden Wahana tersebur.

ia juga menginformasikan, bahwa untuk lebih mengenalkan keberadaan Bioskop mini Golden Wahana ini, dirinua bersama tim akan mengadakan program ‘go to School’ yang mana dalam hal ini, akan bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Tabalong.

“Rencanya nanti dimulai dari bulan februari, kami akan mengundang anak-anak sekolah untuk menonton film yang berteknologi 3D hingga 5D disini,” bebernya.

Untuk kisaran harga tiket sendiri, untuk masyarakat umum bisa membeli dengan harga Rp. 35ribu, khusus untuk program ‘go to school’ akan diberikan harga khusus.

Adanya Bioskop mini Golden khusus anak-anak ini, disambut baik oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Rijali Noor.

Menurutnya dengan adanya Bioskop mini Golden Wahana serta program ‘go to school’ ini sangat membantu Dinas Pendidikan dalam mengenalkan kepada para anak didik terhadap teknologi 3D, 4D, dan 5D.

Namun, Ia menghimbau kepada Pengelola Golden Wahana, untuk lebih menyesuaikan harga tiket dengan kondisi perekonomian orang tua didik yang ada di Tabalong.

“Kalau bisa harganya lebih terjangkau, karena kondisi ekonomi setiap orangkan berbeda,” harapnya. (MC Tabalong/Gilang)

Byuseradmin

Dewan Minta Bandara Warukin Segera Beroperasi

Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan Jurni meminta Bandar Udara Warukin segera dioperasikan untuk melayani penerbangan umum.

“Hingga saat ini Bandar Udara Warukin belum juga dioperasikan karena itu kami mempertanyakan kendalanya,” jelas Jurni di Tanjung, Jumat.

Mengingat Bandar Udara ini sudah dua kali diresmikan termasuk uji coba penerbangan oleh PT Pelita Air Service.

Hal ini disampaikan Jurni saat menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat untuk membahas tertundangan penerbangan di Bandar Udara Warukin.

Selain bisa melayani penerbangan umum anggota fraksi Golkar ini juga mengharapkan harga tiket yang diberlakukan tidak terlalu mahal.

Mengingat wacana penerapan sistem Block Seat oleh PT Pelita Air Service yang akan berdampak pada tingginya harga tiket.

Anggota Komisi III lainnya Tajuddin menyebutkan dengan sistem block seat, maskapai lain tidak bisa ikut ambil bagian di Bandar Udara Warukin, sehingga PT Pelita Air Service bisa menggunakan kewenangan untuk menentukan harga tiket.

“Kita perlu melakukan negosiasi dengan PT Pelita Air Service untuk menegosiasikan harga tiket,” jelas Tajuddin.

Kepala Dinas Perhubungan setempat Imam Fahrullazi menyampaikan sudah melakukan pendekatan PT Pertamina (Persero) maupun dan anak perusahaannya PT. Pelita Air Service terkait pengoperasian Bandar Udara Waruki.

“Rencananya 12 Februari 2018 Bandar Udara Warukin sudah melayani penerbangan Banjarmasin ? Jakarta namun tertunda jadi 19 Februari,” jelas Imam.

Penundaan ini terkait pembaharuan dokumen untuk rute penerbangan tersebut sehingga baru bisa direalisasikan 19 Februari 2018. (Sumber Antara News )

Byuseradmin

Kabupaten Tabalong Penuhi Target Nilai Adipura

Setelah melakukan pemantauan pertama dalam penilaian adipura tahun 2017/2018 pada bulan November tahun lalu, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan hasil penilaian pemantauan pertama Adipura di Aula Penghulu Rasyid, Kamis (8/2).

Ekspose ini dihadiri oleh perwakilan dari SKPD terkait, perusahaan, dan perbankan, serta penggiat lingkungan yang ada di Kabupaten Tabalong.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Kabupaten Tabalong telah memenuhi batas minimal 75.00.

Secara keseluruhan rata-rata nilai adipura Kabupaten Tabalong berada di angka 76,88, dengan indikator unggulan dari Taman Kota, Hutan Kota dan Perairan Terbuka yang berada di 80,00 keatas.

“untuk tabalong sudah memenuhi target untuk dilakukan pemantauan kedua” ujar H. Ninuk Martini, selaku Kabid Pengelolaan Persampahan Limbah B3 dan Kemitraan Dinas Lingkungan hidup Provinsi Kalimantan Selatan.

Namun, Ia juga mengatakan bahwa Kabupaten Tabalong dari 17 indikator yang dinilai terdapat beberapa indikator yang masih harus perlu perhatian lebih.

“indikator tersebut yaitu pasar,pertokoan, permukiman, dan pengolahan sampah yang utama” nilainya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Rowi Rawatianice mengatakan bahwa pihaknya sudah mengagendakan rapat pada hari senin dengan instansi terkait agar bisa meningkatkan nilai adipura pada pemantauan pertama.

“nantinya kami akan membahas apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti penataan pasar, dan kebersihan pasar itu sendiri termasuk permukiman dan pengolahan sampah” sampai Rowi.

Sementara itu, Bupati Tabalong yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Marzuki Hakim mengatakan bahwa keberhasilan kabupaten Tabalong yang telah melebihi target pada pemantauan pertama ini merupakan bentuk tingginya komitmen Pemerintah Daerah dalam menciptakan lingkungan yang bersih.

“kita berharap kondisi lingkungan kita bersih ketika hanya dipantau oleh tim penilai adipura, melainkan harus terus menerus berkelanjutan”pungkasnya. (MC Tabalong/Gilang).