Monthly Archive April 2018

Byuseradmin

Warga Jaro juara lomba teknologi tepat guna

Warga Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Yana Mulyana meraih juara pertama lomba inovasi dan kreasi hasil pengolahan teknologi tepat guna yang dilaksanakan Dinas

Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) setempat.

Kepala Bidang Pembangunan Pengembangan Usaha Desa DPMPD Kabupaten Tabalong Normaliani di Tanjung, Kamis mengatakan inovasi yang dibuat Yana berupa alat pengukur kesuburan tanah sedangkan juara kedua diraih warga Kecamatan Tanjung dengan teknologi pembuat larutan pengental latek berbahan bakar kulit batang karet.

“Untuk kategori lomba inovasi teknologi tepat guna alat pengukur kesuburan tanah meraih peringkat pertama dan pemenang akan mewakili Kabupaten Tabalong di tingkat Provinsi Kalsel,” jelas Nurmaliani.

Tiga peserta lainnya yang masuk lima besar lomba inovasi TTG yakni Kelompok Maju Bersama Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak berupa alat pembuat gilingan pangsit, Kelompok Tani D`Clinic Desa Masukau

dengan teknologi alat perontok padi serta inovasi baterai aki sederhana karya SMA Negeri 1 Tanta.

Terpisah Yana mengatakan alat pengukur kesuburan tanah yang dibuatnya menggunakan bahan sederhana berupa bekas wadah rexona yang dirangkai lampu detektor plus baterai cara kerjanya memasukkan alat pengukur ke dalam air yang berisi sampel tanah yang telah dicampur air dan jika banyak mengandung unsur hara maka lampu pun menyala.

“Sebelumnya alat ini sudah kami gunakan namun menggunakan aliran listrik dan diubah dengan tenaga baterai agar lebih aman,” jelas Yana.

Sementara itu untuk kategori lomba kreasi hasil pengolahan peringkat pertama diraih SMA Negeri 2 Tanjung dengan karya kulit buah naga sebagai pendeteksi logam berat mercuri pada air sumur bor.

Di posisi kedua yakni Kelompok Ternak Lembu Sejati Kecamatan Jaro dengan hasil pengolahan berupa pupuk organik cair.

SMA Negeri 2 juga meraih raih peringkat ketiga dan keempat untuk karya berupa kulit buah nanas sebagai bahan pembersih serba guna dan pemanfaatan air kelapa tua menjadi pestisida alami.

Kelompok masyarakat Kecamatan Murung Pudak dengan hasil pengolahan berupa selai dari buah cempedak meraih peringkat kelima.

Byuseradmin

Perkumpulan Pusaka gelar pengolahan produk ramah lingkungan

Perkumpulan Putra/putri Sarabakawa Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menggelar pelatihan pengolahan produk ramah lingkungan berupa pembuatan tas kain spunbond atau tas daur ulang.

Sekretaris Riset dan Data Perkumpulan Pusaka Tabalong

Erlinda Sari di Tanjung, Senin mengatakan tas kain spundbond merupakan tas ramah lingkungan yang saat ini digunakan sebagai pengganti kantong plastik.

“Pelatihan pengolahan produk ramah lingkungan ini salah satu komitmen kami mendukung upaya pengurangan sampah plastik,” jelas Erlinda.

Dengan melibatkan para pengelola bank sampah dan kaum perempuan di `Bumi Saraba Kawa` ini pelatihan pengolahan tas ramah lingkungan ini didukung oleh PT Adaro Indonesia bekerja sama dengan Pusat Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja setempat.

Direktur Yayasan Pusaka Tabalong Firman Yusi mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan 7 hari untuk bumi khususnya komitmen mengurangi volume sampah di wilayah ini.

“Kegiatan ini kita laksanakan selama empat hari untuk mendukung program 7 hari untuk bumi dengan mengurangi volume sampah,” jelas Firman.

Pelatihan sendiri mendapat dukungan dana dan peralatan dari dana CSR PT Adaro Indonesia dan tenaga pelatih dari Pusat Latihan Kerja setempat.

Perwakilan manajemen PT Adaro Indonesia Rinaldo Kurniawan mengatakan pihaknya sangat mendukung program pengelolaan lingkungan di Kabupate Tabalong salah satunya melalui pelatihan pengolahan produk ramah lingkungan.

“Bidang lingkungan hidup menjadi salah satu sasaran program tanggungjawab sosial PT Adaro dan mitra kerja termasuk mendukung gerakan Tabalong hijau dan bersih,” jelas Rinaldo.

Pelatihan yang diikuti 20 peserta ini dibuka secara langsung oleh Pelaksanan Tugas Bupati Tabalong Zony Alfianoor didampingi Kadisnaker Syaiful Ikhwan.

“Pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini mengingat adanya upaya Tabalong bebas dari sampah,” jelas Zony.

Byuseradmin

PT.Pas tawarkan tiket Warukin – Jakarta Rp2 juta

Pengelola Bandar Udara Tanjung Warukin, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan PT Pelita Air Service menawarkan harga tiket penerbangan Rp2 juta sampai Rp2,8 juta menuju Bandar Udara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Hal ini disampaikan Manager Pemasaran PT Mitra Tour and Travel R Djuniarsono di Tanjung, Selasa dalam rapat persiapan pengoperasian bandar udara Warukin.

“Terkait harga tiket kita perlu masukan dari berbagai pihak mudahan harga awal ini bisa dikurangi,” jelas Djuniarsono.

Pihak travel pun berharap harga tiket penerbangan Tabalong – Jakarta yang ditetapkan nantinya bisa terjangkau sehingga bandar udara Tanjung Warukin bisa beroperasi .

Sejumlah kalangan baik pemerintah daerah maupun perusahaan swasta juga mengusulkan harga tiket Rp1 juta untuk penerbangan bandar udara Warukin – Halim Perdanakusuma.

Selain meminta pengurangan harga tiket peserta rapat juga mengusulkan penambahan rute penerbangan Tabalong – Banjarmasin dan Tabalong – Balikpapan.

“Karena kantor pusat pertamina pindah ke Balikpapan maka kami usulkan ada rute penerbangan Tabalong – Balikpapan,” jelas perwakilan PT Pertamina EP Aset 5 Tanjung Field Dony.

Dari PT Adaro Indonesia juga mengusulkan harga tiket bisa lebih ekonomis dan ada jadwal penerbangan hari Sabtu mengingat sejumlah pekerja dari luar Tabalong pulang ke Pulau Jawa.

“Jadwal penerbangan perlu ditambah hari Sabtu sehingga pekerja Adaro yang yang dari luar Tabalong bisa pulang,” jelas Kepala Humas PT Adaro Indonesia Ideham Kurniawan.

Rapat persiapan pengoperasian bandar udara sendiri dipimpin Sekda Tabalong Abdul Muthalib Sangadji didampingi Asisten Pemerintahan Zulfan Noor dan Kadishub Imam Fahrullazi.

Rapat dihadiri perwakilan instansi pemerintah, PT Adaro Indonesia dan mitra kerja, PT Pertamina EP Aset 5 Tanjung Field serta Kejaksaan Negeri Tabalong.

Byuseradmin

PWI Tabalong – Balangan gelar uji kompetensi wartawan

Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Tabalong dan Balangan, Kalimantan Selatan menggelar uji kompetensi wartawan yang diikuti kalangan media dari tiga kabupaten dan Kota Banjarmasin.

Ketua PWI Tabalong dan Balangan Syabirin Syukran Nafis di Tanjung, Jumat mengatakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) diikuti wartawan dari Tabalong, Hulu Sungai Utara, Balangan serta Kota Banjarmasin.

“Untuk pertama kalinya uji kompetensi wartawan dilaksanakan di Kabupaten Tabalong dan tahun ini diikuti 22 peserta,” kata Syabirin.

Tim penguji antara lain dari PWI Jawa Barat Uyun Achadiyat, PWI Bali Dwikora Putera, PWI Jambi Saman dan PWI Provinsi Kalsel Fathurrahman.

Salah satu anggota tim penguji Uyun Achadiyat memberikan penjelasan seputar kompetensi wartawan dan tujuan standar kompetensi.

“Ada sembilan alat uji yang akan kita lakukan dalam uji kompetensi wartawan untuk jenjang muda,” jelas Uyun.

Menurut Uyun, wartawan yang benar – benar melaksanakan tugas jurnalistik akan lebih mudah mengikuti uji kompetensi.

Melalui standar kompetensi ini, diharapkan wartawan bisa meningkatkan kualitas dan profesionalismenya.

Pelaksanaan UKW dibagi dalam empat kelompok, di mana satu penguji diikuti lima sampai enam peserta.

Byuseradmin

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Di Tabalong

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA/SMK dan sederajat hari pertama yang digelar di sejumlah sekolah di Kabupaten Tabalong, Senin (2/4) berjalan lancar.

Seperti SMKN 1 Tanjung yang mengaku tidak mengalami kesulitan berarti dan lancar menyelenggarakan ujian Bahasa Indonesia.

Kepala SMKN 1 Tanjung, Lis Sulastrini menyatakan, hingga kini penyelenggaraan UNBK lancar dan aman.

Menurutnya, hal ini karena persiapan yang dilakukan telah matang baik dari segi teknis maupun materi.

Berdasarkan hasil monitoring Lis Sulastrini, ia tidak menemukan kendala teknis pada pelaksanaan hari pertama.

dia juga membeberkan, untuk jumlah siswa yang hadir, hingga sesi kedua pun masih lengkap.

“Total siswa yang mengikuti UNBK di SMKN Tanjung adalah Enam ratus dua belas,” beber dia.

Dia menjelaskan, UNBK di SMKN 1 Tanjung ini dilakukan dalam tiga sesi.

Sesi pertama pukul 7.30-9.30 WITA diikuti 208 siswa dengan jumlah ruangan sebanyak delapan kelas.

Sesi berikutnya pukul 10.30-12.30 WITA. Lalu sesi terakhir pukul 14.30-16.00 WITA.

Setiap ruangan menampung 26 siswa

Byuseradmin

Perkembangan Ekonomi Tabalong Tak Tergantung Pertambangan

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, tidak lagi tergantung pada sektor pertambangan dan migas, namun dipengaruhi sektor lainnya.

“Perkembangan ekonomi justru menuju ke arah kemandirian ekonomi,” kata Pelaksana Tugas Bupati Tabalong Zony Alfianoor di Tanjung.
Hal ini disampaikan Zony saat membaca Laporan Keterangan Pertanggungjawaban tahun anggaran 2017 dalam rapat paripurna dewan pada Senin malam.
Angka pertumbuhan ekonomi tanpa pertambangan batu bara dan migas cukup signifikan yakni 9,60 persen.
Peningkatan pertumbuhan ekonomi sendiri ungkap Zony dipengaruhi pertumbuhan dinsektor perdagangan sebesar 14,80 persen, industri pengolahan 6,33 persen dan sektor pertanian, kehutanan serta perikanan tumbuh sebesar 4,53 persen.
Dalam LKPj tersebut juga disebutkan indikator pembangunan lainnya juga meningkat setiap tahunnya seperti PDRB perkapita dari 62.505 menjadi 62.784 atau naik sebesar 1,04 persen.
Pendapatan Asli Daerah tahun anggaran 2017 realisasi Rp180,6 miliar dari target Rp169,9 miliar atau 106,28 persen.
Sedangkan realisasi dana perimbangan Rp916,2 miliar dari target Rp1 triliun serta lain – lain pendapatan yang sah Rp5 miliar dari target Rp5,1 miliar.