Monthly Archive Agustus 2018

Byuseradmin

Budidaya ikan keramba Tabalong terhenti akibat sungai dangkal

Puluhan pembudidaya ikan keramba di.Desa Banyu Tajun Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan terpaksa menghentikan usahanya karena air sungai makin dangkal.

Menurut satu pemilik keramba Arpani (45) di Tanjung, Kamis mengatakan sudah tiga bulan lebih mengosongkan kerambanya.

“Sejak musim kemarau kami menghentikan dulu usaha ikan keramba sambil menunggu air sungai dalam,” jelas Arpani.

Arpani sendiri memiliki 10 keramba dan biasanya memproduksi hingga 6.000 kilogram ikan mas tiap kali panen.

Dengan harga jual Rp23.000 per kilogram ikan mas produksinya dipasarkan hingga ke Kalimantan Timur.

Namun karena air Sungai Pimping yang menjadi lokasi keramba dangkal ia pun menghentikan budidaya ikan mas termasuk puluhan pemilik keramba lainnya.

Saat ini pembudidaya ikan keramba beralih menjadi petani karet atau buruh sadap getah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Kepala Seksi Produksi dan Usaha Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong, Rahmani mengatakan tiga bulan terakhir produksi ikan keramba turun dari  4.708 ton menjadi 4.283 ton.

Produksi ikan keramba hingga September 2018 diprediksi  turun hingga di bawah 4.000 ton,” jelas Rahmani.
Rahmani mengatakan hampir 37 persen budidaya keramba terpusat di sentra ikan Kecamatan Banua Lawas  dan total usaha keramba yang ada di Kabupaten Tabalong 3.851 buah.

Byuseradmin

Cegah Pembakaran Hutan,Polisi Muara Harus Bentangkan Spanduk

Polisi Polsek Muara Harus bentang spanduk dan cegah pembakaran hutan pada hari Minggu(26/08/2018).
Bripka Riza bersama warga membentangkan spanduk yang bertuliskan ” Stop!!! Membakar Hutan Dan Lahan”,dan juga menghimbau warga agar jangan melakukan pembakaran hutan dan lahan,semak belukar,ladang dan kebun yang dampaknya akan merusak hutan dan asapnya dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, Sik melalui Kapolsek Muara Harus Ipda I Nyoman Sudharma memberikan arahan kepada Anggota Polsek agar terus menerus lakukan himbauan-himbauan dan berikan sosialisasi Karhutla kepada masyarakat Kec.Muara Harus,untuk mencegah warga melakukan pembakaran hutan di Kec.Muara Harus.(riza)

Byuseradmin

KONI Tabalong Siapkan Peringatan Hari Olahraga Nasional

Setelah dilantik beberapa waktu lalu, Pengurus KONI Kabupaten Tabalong langsung melakukan konsolidasi sekaligus menggelar rapat pembentukan kepanitiaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat kabupaten.

Rapat sendiri dihadiri hampir seluruh anggota dan dipimpin langsung Ketua H Akhmad Helmi, Rabu (29/8) di Sekretariat KONI Tabalong, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Ketua KONI Tabalong H Akhmad Helmi dalam rapat ini menyampaikan beberapa pesan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, diantaranya agar KONI kedepan bisa bekerja profesional sebagaimana Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dalam mengurus kegiatan di Tabalong agar tertib administrasi, baik umum dan keuangan.

Kita juga dipercaya Pemkab Tabalong untuk melaksanakan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang rencananya digelar pada tanggal 9 September 2018.

Untuk itu kita akan menyiapkan tempat, yang mana diminta bupati di dalam Stadion Pembataan. Adapun kegiatannya upacara dan senam massal melibatkan 1.500 peserta.

Dalam rangkaian itu juga, kita siapkan instruktur senam yang bisa melaksanakan kegiatan tersebut, termasuk menyiapkan kuliner tradisional seperti kue gambung, bubur kacang, pisang dan jagung rebus.

“ Dalam kegiatan ini persiapannya harus matang, kita sendiri yang merancang dengan gawi besamaan untuk suksesnya acara tersebut, ” jelas Helmi.

Dalam rapat itu juga dibahas soal pembinaan atlet unggulan seperti permintaan Ketua Umum KONI Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut Wakil Ketua I KONI Tabalong, Syam Indra, pada saat rakoor di KONI Provinsi salah satunya menentukan program tahun akan depan, program kita juga harus mengacu program provinsi.

Kita diminta provinsi agar mempunyai cabor andalan untuk persiapan PON, semua KONI kabupaten dan kota sudah diberi jatah masing-masing, cabor andalan kita adalah Panjat Tebing dan Anggar.

“ Saat rakoor di provinsi kita diberi jatah untuk cabor andalan adalah anggar dan panjat tebing, kalau kita ada keinginan lain atau mengganti harus berkordinasi dengan provinsi,” kata Syam. (matabauna/ami).

Byuseradmin

DPRD Umumkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabalong Terpilih Dalam Rapat Paripurna Istimewa

 Setelah hasil rapat pleno dari KPUD Tabalong beberapa waktu lalu, DPRD Kabupaten Tabalong melaksanakan rapat paripurna istimewa tentang Pengumuman Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabalong Terpilih Periode 2019- 2024 di Ruang Graham Sakata DPRD Kabupaten Tabalong, Senin (20/8).

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, H. Darwin Awi ini dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Tabalong terpilih yaitu, H. Anang Syakhfiani dan H. Mawardi.

Berdasarkan Peraturan perundang – undangan yang berlaku, setalah ditetapkannya pasangan Bupati dan Wakil Bupati melalui rapat istimewa maka usulan ini dibawa langsung ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Kalimantan Selatan untuk segera dilakukan pelantikan setalah masa jabatan yang pertama berakhir pada tanggal 17 Maret 2019.

Dan dalam kesempatan ini, Darwin Awi Ketua DPRD Kabupaten Tabalong mengharapkan dengan terpilihnya pasangan H. Anang Syakhfiani dan H. Mawardi sebagai bupati dan wakil bupati Tabalong bisa kembali melanjutkan capaian prestasi yang sudah diraih oleh H. Anang Syakhfiani dan Zony Alfianoor.

Kemudian, karena H. Anang Syakhfiani terpilih sebagai bupati tabalong untuk kedua kalinya, maka Darwin mengharapakan Visi Misi yang telah ditentukan, kesinambungan pembangunan di Tabalong tidak terhenti.

”dan tidak terlepas dari Nawacita, lalu visi misi gubernur kalsel kemudian Kabupaten Tabalong, sehingga ada koneksi pembangunan antar program yang lama dengan program yang baru” harap Darwin.

Sementara itu, H. Anang Syakhfiani ketika melakukan sambutan dalam rapat tersebut mengatkan bahwa, visi Misi yang akan ia lakukan selama lima tahun kedepan adalah peningkatan dari visi misi sebelumnya yang tercantum dalam RPJMD tahun 2015 – 2019.

“kesinambungan program pembangunan sedang dan akan dilakukan di Kabupaten tabalong akan menjadi program prioritas pembangunan pada RPJMD 2019 – 2024 dengan memperhatikan pendekatan holistik, tematik dan terintegrasi seperti pemantapan pemerataan dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan yang murah dan berkualitas” pungkasnya. (MC Tabalong/Gilang).

Byuseradmin

PMI Tabalong Salurkan Rp 79 Juta Lebih untuk Gempa Lombok

Hasil penggalangan dana untuk korban gempa Lombok yang dilakukan PMI Tabalong, saat ini sudah ada yang disalurkan.

Penyaluran dilakukan PMI Tabalong dengan menyerahkan langsung ke PMI NTB yang akan mengelola bantuan untuk para korban.

Sekretaris PMI Tabalong, Setyawan Andri Wibowo, Selasa (18/8/2018), membenarkan, sebagian hasil penggalangan dana sudah disalurkan pihaknya.

 

Byuseradmin

Pengurus KONI Tabalong Dikukuhkan

Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Propinsi Kalsel Bambang Heri Purnama secara langsung mengukuhkan Pengurus KONI Kabupaten Tabalong masa bhakti periode 2018 – 2022, Kamis (16/82018).

Pengukuhan kepengurusan KONI Tabalong yang merupakan hasil dari Musyawarah Olah Raga Kabupaten (Musorkab) bulan Juli 2018 lalu ini juga dihadiri oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Ketua DPRD H Darwin Awi dan sejumlah undangan penting lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Kalimantan Selatan Bambang Heri Purnama mengingatkan, kepada semua keanggotaan KONI Tabalong agar tekad dan ikrar yang telah ditetapkan tertanam didalam hati yang paling dalam bagi setiap pengurus, dan menjadi pembangkit motivasi berbuat dan memberikan pengabdian yang terbaik bagi kejayaan, kebanggaan dan kehormatan Daerah dan Bangsa melalui prestasi olah raga.

“Menjadi pengurus olah raga itu adakah pengabdian, dan tentunya tidak akan mengharapkan imbalan dan pamrih, setiap pengurus harus siap memberikan pelayanan dalam bentuk pembinaan yang terbaik khususnya kepada seluruh anggota KONI dan insan olah raga yang ada,” pesannya.

Sedangkan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menegaskan, KONI adalah organisasi olah raga yang bersifat sosial, karena bersifat sosial artinya ada kerja yang dibebankan kepada semua pengurus yang dilantik.
Selain itu, Bupati Anang juga berpesan agar KONI harus membuat perencanaan, kemudian melakukan pengawasan dan terakhir pertanggung jawaban KONI harus punya target meningkatkan prestasi di Porprop ke XI mendatang.

“Harus bisa meningkatkan prestasi diajang Porprop kedepan, paling tidak tetap mempertahankan diperingkat III,”

Sekedar diketahui para pengurus unsur Pimpinan KONI Kabupaten Tabalong masa adalah Ketua Umum H Ahmad Helmi, Wakil Ketua Umum I Syam Indra Permana, Wakil Ketua Umum II Agus Saiho, Wakil Ketua Umum III A.Bahdar Djohan, Sekretaris Umum H Refli Helmi dan Bendahara Umum Irwan Wahyudi. (Metro7/Via)