Monthly Archive November 2018

Byuseradmin

Kontrak Tenaga Pendamping Gerbang Emas Tak Diperpanjang

Puluhan tenaga pendamping desa dan kecamatan untuk program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera di Kabupaten Tabalong harus gigit jari karena mulai 2019 kontak kerja  dihentikan.
Satu tenaga pendamping kecamatan Rahmawati menyampaikan telah menerima informasi terkait habisnya masa kontrak kerja hingga Desember 2018.
“Tahun depan tidak ada lagi kontrak kerja bagi tenaga pendamping yang didanai dari APBD kabupaten,” jelas Rahmawati.
Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tabalong Arianto membenarkan soal tidak diperpanjangnya kontrak kerja tenaga pendamping Gerbang Emas ini.
“Ada 80 tenaga pendamping yang tidak kita perpanjang lagi kontraknya terhitung sejak 2019,” jelas Arianto.
Hal ini pun sudah disampaikan ke seluruh tenaga pendamping agar bisa memahami kebijakan dari Pemkab Tabalong.
Arianto menyampaikan penghentian  ini terkait adanya Tenaga Pendamping Inovasi Desa (TPID)  yang direkrut  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang ditugaskan di Kabupaten Tabalong.
Dengan alasan tidak terjadi tumpang tindih akhirnya Pemkab Tabalong tidak memperpanjang kontrak kerja bagi tenaga pendamping lokal dan cukup memberdayakan TPID.
Sebelumnya rekrutmen tenaga pendamping lokal dilaksanakan sejak  Agustus 2015 untuk mendukung program Gerbang Emas di ‘Bumi Saraba Kawa’ ini.

Byuseradmin

Bupati Tabalong Serahkan Bonus Prestasi Bagi Pelatih Dan Atlet NPC Tabalong

Sebagaimana Janji Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk memberikan penghargaan atas prestasi atlet Paralympic yang berlaga pada Peparprov III Kalimantan Selatan Tahun 2017 silam,  Kemarin ,Senin (19/11) bonus tersebut di serahkan langsung  Bupati Tabalong yang diwakilkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong,Hj Munawarah bertempat di Wisma Tamu Bersinar.

Dalam sambutan tertulis Bupati Tabalong yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong,Hj Munawarah mengatakan bahwa dirinya merasa senang dan gembira atas keberhasilan atlet National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Tabalong yang sudah berjuang  pada Kegiatan Peparprov III Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah prestasi atlet  NPC Kabupaten Tabalong pada peparprov III Kalsel berhasil dan telah membuktikan tekad dan semangat juangnya yang tinggi ,hingga akhirnya kabupaten Tabalong mampu bertengger di peringkat enam, dengan perolehan 17 medali emas, 17 medali perak  dan 29 medali perunggu.”tuturnya.

Lanjutnya, ia berharap dengan bonus dan penghargaan  yang diberikan kepada atlet maupun pelatih NPC bisa menjadi motivasi kita bersama untuk kemajuan dunia olahraga khususnya di bumi serabakawa.

Sementara itu, Ketua NPC Kabupaten Tabalong, Joko Sarasto sangat senang dan mengapresiasi kegiatan penyerahan Bonus yang diberikan Pemerintah daerah Kabupaten Tabalong melalui Bupati Tabalong kepada atlet dan pelatih paralympic meskipun bonus yang diterima baru hari ini setelah satu tahun kegiatan tersebut berlangsung.

“Saya sangat bersyukur sekali akhirnya hari ini bonus tersebut bisa langsung diberikan kepada atlet maupun pelatih NPC, walaupun sedikit terlambat, tetapi tidak menjadi suatu masalah buat kami,untuk selalu terus berprestasi .”Ujarnya.

Meskipun  NPC di Tabalong sendiri  baru dibentuk pada tahun 2016, dan ini pertama kalinya ikut di Peparprov dan berhasil  menoreh prestasi dengan meraih peringkat ke enam dari 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalsel pada ajang Peparprov III Kalimantan Selatan Tahun 2017 dan ini menjadi sebuah kebanggan sendiri bagi kami baik atlet,maupun pelatih NPC di Kabupaten Tabalong.

“Peringkat enam yang kita peroleh ini tidak lepas dari perjuangan atlet NPC ,selain baru dibentuknya NFC di Tabalong ,raihan prestasi ini sudah cukup bagus kalau dibandingakan dengan kabupaten atau daerah lainnya yang sudah lebih dulu membentuk NPC.”beber Joko.

Selanjutnya untuk mempersiapkan atlet NPC di kejuaraan berikutnya, Joko berserta pelatih akan mempersiapkan atlet tersebut dengan pembinaan dan latihan secara rutin yang didukung juga oleh pemerintah setempat.

Salah satu orang tua M Fitra Ramadhan, atlet NPC Cabang renang, Juliati merasa senang dan bersyukur karena sudah menerima penghargaan dan bonus dari pemerintah daerah Tabalong.

“Alhamdulilah dan saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui Bupati Tabalong yang sudah memberikan bonus kepada anak saya M Fitra Ramadhan,mudahan mudahan dengan penghargaan ini bisa digunakan untuk biaya pendidikan anak saya ke jenjang yang lebih tinggi.”tuturnya.

Meskipun memiliki kekurangan,yakni  Tuna Wicara (Bisu) , Kata Juliati ,dirinya selalu memberikan dukungan penuh kepada anaknya M Fitra Ramadhan dalam hal olahraga,terbukti dengan raihan prestasi di kejuaraan Peparprov III Kalimantan Selatan Tahun 2017 dengan mendapatkan tiga medali emas dan satu medali perak.

Selanjutnya,  bagi atlet NPC Kabupaten Tabalong yang  berprestasi dan meraih medali Emas,Perak dan Perunggu mendapatkan bonus berupa uang senilai Rp.20 Juta (Medali Emas), Rp.10 Juta (Medali Perak) dan Rp.5 Juta (Medali Perunggu) Per Medali.

Byuseradmin

Diskominfo Tabalong gelar lomba ikon dalam lensa

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Tabalong menggelar lomba fotografi dengan tema iconik Tabalong Dalam Lensa.

Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo dan Statistik Tabalong Gusti Judid Ihsan Permana menyampaikan lomba ikon dalam lensa ini terbuka untuk umum.

“Foto yang dilombakan diambil pada 3 sampai 20 Nopember 2018  dengan tema iconik Tabalong,” jelas Judid.

Obyek foto yang dilombakan berbagai bagunan ikon Tabalong, tempat wisata dan ruang terbuka hijau yang ada di ‘Bumi Saraba Kawa’ini.

Ikon Tabalong mencakup Monumen Tanjung Puri, Pendopo Bersinar, Islamic Center, Gedung Sarabakawa, Gedung Dewan, Expo Center, Kantor Pemda Tabalong, Monumen Perjuangan dan Bandara Warukin.

Selain ikon termasuk RTH yakni Taman Giat Tanjung, Tanjung Bersinar Park, Taman 10 K, RTH Kambang Tanjung, hutan kota, Taman Siring Bank Kalsel dan RTH Haruai.

Judid menyampaikan kriteria penilaian lomba foto ini mencakup originalitas, kreativitas, keunikan dan sesuai kategori lomba.

Batas waktu pengumpulan foto paling lambat 23 November 2018 pukul 23.00 wita dalam bentuk soft file ke iconictabalong2018@gmail.com.

Byuseradmin

Pemerintah Tabalong Peringati Hari Pahlawan Tahun 2018

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Tabalong bersama dengan TNI dan Polri melaksankan upacara peringatan hari pahlawan di Halaman Pendopo Bersinar, Pembataan, Sabtu (11/10).

Bupati yang dalam hal ini bertindak sebagai inspektur upacara ketika membacakan amanat dari Mentri Sosial Republik Indonesia menyampaikan bahwa dalam

Pasalnya menurutnya pada hakekatnya  peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

“Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme pantang menyerah berdisiplin,berkarakter menguasai ilmu pegetahuan dan keterampilan di bidangnya” jelasnya.

memperingati hari pahlawan di tahun 2018 ini adalah momentum bagi kita semua untun mengintropeksi diri.

Usai melaksanakan upacara, Bupati Tabalong bersama dengan pejabat Forkopimda dan jajaran SKPD di lingkup pemda tabalong beriziarah ke taman makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan Mabuun. (MC Tabalong/Gilang).

Byuseradmin

Tabalong peringkat kedua di MTQ Tingkat Kalsel

Kabupaten Tabalong meraih peringkat kedua  pada pelaksanaan MTQ ke – 31 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang ditutup Rabu malam.

Hasil keputusan dewan hakim nomor 001/Kep/DH – MTQ/31/KS/11/2018 tentang penetapan peserta terbaik juara pertama diraih Kota Banjarmasin dengan nilai 84 dan Kabupaten Tabalong 75 serta peringkat ketiga Banjar 63.

Para kafilah Tabalong yang berhasil meraih juara diantaranya hafizah terbaik golongan 10 juz Norazizah dan golongan tuna cacat netra qoriah terbaik Linah.

Termasuk predikat juara favorit golongan tafsir Bahasa Arab juga diraih kafilah Tabalong Mahmudi.

“Alhamdulillah kafilah Tabalong bisa raih prestasi terbaik dan pelaksanaan MTQ ini jadi ajang  syiar nilai alquran,” jelas Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Selanjutnya para juara ini akan dipersiapkan untuk mengikuti even keagamaan di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu penutupan MTQ Ke – 31 tingjat Provinsi Kalsel ini dihadiri Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan serta artis ibukota Via Vallen.

Pembacaan alquran oleh qori nternasional dari Medan Darwin Hasibuan mengawali acara penutupan MTQ di Tanjung Expo Center.

Rudy menyampaika pelaksanaan MTQ tahun ini jadi  evaluasi bersama untuk pelaksanaan even yang sama.

“Saya ingin semua pihak dapat menanamkan semangat dan tekad untuk terus mengamalkan dan membumikan Alquran,’ jelas Rudy.

Byuseradmin

Pertamina – Kejaksaan tandatangani kerja sama perlindungan hukum

PT Pertamina EP Aset 5 Tanjung Field dan Kejaksaan Negeri  Kabupaten Tabalong menandatangani kerjasama  perlindungan hukum terkait  kegiatan produksi minyak dan gas maupun operasional perusahaan.

Penandatanganan dilakukan Kepala Kejaksaan Negeri Tabalong Gede Made Pasek Swardhyana  dan Manager Lapangan PT Pertamina EP Aset 5 Tanjung Field Muhammad Firdaus Sabaruddin.

“Kerja sama ini terkait perlindungan hukum jika dalam kegiatan produksi pertamina mendapat gugatan,” jelas Firdaus.

Selanjutnya melalui kerjasama ini manajemen pertamina berharap bisa mempermudah penyelesaian hukum terkait aset negara yang berada di wilayah operasional perusahaan.

Kejari Tabalong Gede Made Pasek Swardhyana menyampaikan ada beberapa perlindungan hukum yang bisa diberikan ke pertamina.

“Mediasi dan negosiasi bisa kita lakukan kepada masyarakat untuk memberi pemahaman terkait aset negara,” jelas Made.

Termasuk memberikan pertimbangan hukum terkait sengketa lahan atau aset yang berada di wilayah operasional pertamina.