Monthly Archive Januari 2019

Byuseradmin

Karya Jurnalistik Terbaik Raih Adaro Jurnalism Award

Apresiasi dan silaturrahmi terhadap wartawan ditiga kabupaten yakni Tabalong, Amuntai dan Balangan kembali dilakukan PT Adaro Indonesia dengan menggelar Media Gathering Adaro Jurnalism Award pada Rabu lalu pukul 20.50 wita di Hotel Aston Tanjung.

Suhernomo, Kepala Teknik Tambang PT Adaro Indonesia dalam sambutannya mengatakan, kunci keberhasilan PT Adaro adalah dukungan dari berbagai pihak, salah satunya pers, ditangan mereka informasi tentang kiprah Adaro selama ini, berupa tentang program program kemandirian dimasyarakat bisa tersampaikan kepada khalayak.

Pelaksanaan kegiatan Media Gathering Adaro Jurnalism Award ini, merupakan apresiasi adaro, terhadap upaya para jurnalis yang telah menjembatani penyampaian informasi yang positif kepada masyarakat tentang PT Adaro.

“Diajang Award ini, saya berharap bisa menjadi perekat harmoni yang telah terjalin selama ini, sekaligus menjadi suntikan motivasi bagi kita semua, khususnya bagi PT Adaro,” cetusnya.

Sementara Ketua PWI Tabalong – Balangan dihadapan para awak media mengucapkan terimakasih atas nama PWI terhadap kegiatan ini.

Diharapnya dengan ini maka menjadi motivasi bagi insan pers baik itu Media cetak, elektronik dan online.

“Semoga dengan adanya ajang Adaro Jurnalism Award Ini, menjadi wahana baru para jurnalis untuk bersaing secara profesional, ” akhirnya.

Dalam kegiatan Adaro Jurnalism Award ini, turut dihadiri Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Yusni Hardi, Ketua PWI Tabalong – Balangan, Perwakilan PT. Buma, PT. Pama, Para Jurnalis Tabalong, Balangan serta Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).(sumber : metro7/awir)

Byuseradmin

28 SMP di Tabalong laksanakan UNBK Mandiri

Tahun ini hanya 28 Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Tabalong yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer secara mandiri dari total 60 SMP yang melaksanakan UNBK.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong Akhmad Rizali Noor mengatakan sisanya sebanyak 32 SMP dilakukan penggabungan untuk pelaksanaan UNBK.

“Selain SMP negeri dan swasta UNBK juga diikuti siswa Sekolah Menengah Pertama Terbuka,” jelas Rizali.

Ada dua SMP Terbuka yang melaksanakan UNBK yakni SMP 1 Jaro sebanyak 11 orang dan SMP Tanta diikuti 2 siswa.

Menurut Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat Sutimbul peserta UNBK tingkat SMP tahun ajaran ini sebanyak 2.327 siswa.

“Pelaksanaan UNBK SMP di wilayah terpencil kita gabung di SMK Negeri 2 Tanjung,” jelas Sutimbul. Selain akses jalan yang cukup berat alasan penggabungan karen jumlah peserta UNBK kurang dari 25 siswa.

Diantaranya SMP Negeri 6 Bintang Ara, SMP Negeri 5 Bintang Ara dan SMP Negeri 2 Haruai.

Sutimbul menambahkan untuk mendukung pelaksanaan UNBK sejumlah SMP mendapat bantuan komputer dan server dari Kementerian Pendidikan.

Sekolah yang menerima bantuan komputer dan server pada 2017 dan 2018 yakni SMP Plus, SMP Negeri 4 Tanjung, SMP Negeri 1 Kelua, SMP Negeri 3 Kelua dan SMP Negeei 1 Murung Pudak.

“Tahun ini hanya dua SMP menerima bantuan Dana Alokasi Khusus masing – masing Rp260 juta,” jelas Sutimbul. (Sumber Antara News )

Byuseradmin

Pemkab Tabalong Usulkan Pendirian Masjid Cheng Hoo

Pemerintah Kabupaten Tabalong, mengusulkan kepada PT Conch Cement Indonesia agar dapat mendirikan Pembangunan Masjid Cheng Hoo disekitar Area Operasional PT Conch South Kalimantan di Desa Saradang Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong.

Usulan tersebut disampaiakn langsung utusan dari Pemerintah Kabupaten Tabalong yang dipimpin Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah ( BPPRD ) Kabupaten Tabalong Erwan Mardani, bersama Kabag Perekonomian dan SDA Zahirsyah Manuar, Kabid PBB-BPHTB Alifansyah dan Kabid Pajak Daerah Suwandi telah menemui Direktur Financial Officer PT. Conch International Trade Indonesia Mr Yang Rongshan di Gedung Suite Tower Lt 19 Jakarta Utara Kamis ( 24/1 )

Dihadapan Mr. Yang Rongshan yang didampingi Mr. Lv Qiuyang, Erwan Mardani selaku Kepala BPPRD Tabalong menyampaikan harapan dan usulan Pemkab Tabalong mengenai keberadaan Pabrik Semen PT. Conch Cement Kalimantan di Tanjung Tabalong. Selama ini PT Conch sudah rutin patuh dan taat dalam membayar Pajak Daerah berupa PBB- P2, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan.

Selanjutnya Erwan berharap kepada Manajemen PT. Conch ada kepedulian dalam program Corporate Social Resposibility (CSR) dalam menunjang Visi Tabalong yang lebih Agamis yaitu mendukung pembangunan Mesjid Cheng Hoo di Kawasan Pabrik Semen PT. Conch South Kalimantan Cement desa Saradang Kecamatan Haruai. “Diharapkan mesjid tersebut menjadi Wadah aktivitas Muslim di sekitar Pabrik semen PT. Conch Desa Seradang Kec Haruai.” Kata Erwan

Cheng Hoo adalah seorang laksamana China yang beragama Islam dari kekaisaran China yang terkenal dengan perjalanan Diplomatiknya membawa pesan damai dan Persahabtan ke berbagai Negara di Asia pada Zamanya. ( Abdul Halim )

Byuseradmin

Belum Ada Kepastian Penerimaan P3K

Penerimaan pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( P3K ) yang dijadwalkan berlangsung diakhir Januari dan bulan Februari ini belum ada kepastian. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan ( BKPP ) Kabupaen Tabalong Wartoyo saat Apel Gabungan di Taman Giat Kota Tanjung, Senin ( 28/1 ).

Menurut Wartoyo penerimana P3K sesuai berita yang beredar dijadwalkan di akhir januari atau Februari, itu masih tentatif, karena masih menunggu petunjuk pelaksanaan yang diatur didalam Peraturan Menteri dan Peraturan BKN, “Untuk penerima P3K ini belum ada kepastian karena masalah pendanaan di masing-masing daerah belum siap, kecuali nanti pusat akan mengucurkan Dana Alokasi Umum untuk gaji, baru ada kesiapan.” Kata Wartoyo.

Wartoyo menambahkan, Pihaknya bersama-sama dengan Komisi Satu DPRD Tabalong sudah berkonsultasi ke Kementrian Men PAN dan BKN pada tanggal 21 Januari lalu, dan menghadiri sosialisasi yang dihadiri gubernur dan Bupati/walikota tanggal 23 Januari 2019.

dari hasil sosialisasi tersebut, masih akan dibawa ketingkat kementrian keuangan terkait pendanaan, karena untuk proses pelaksanaan dan penggajian P3K dibebankan di Daerah masing-masing, “ hampir sebagian besar daerah belum ada yang menganggarkan.” Tambah Wartoyo

namun begitu, BKPP sudah menyiapkan data apabila dibuka penerimaan P3K, karena untuk penerimaan P3K tahap pertama dikhususkan untuk Honorer Eks K2, dan kemudian pada bulan mei – Juni dibuka secara umum dengan catatan masing-masing daerah telah menyiapkan anggarannya dalam APBD. (Lim)

Byuseradmin

Harga Ikan Terus Naik, Haruan capai Rp. 70 ribu/kilogram

Pergantian musim dari kemarau ke musim hujan mempengaruhi populasi ikan gabus di Tabalong dan sekitarnya.

Akibatnya harga ikan yang menjadi favorit makanan warga Tabalong inipun melambung tinggi hingga mencapai Rp. 60 ribu sampai Rp. 70 ribu perkilogramnya.

Padahal dalam kondisi normal harga ikan yang dikenal sebagai ikan haruan ini berkisar Rp. 45 ribu perkilogramnya di pasar pasar tradisional.

Misran salah seorang pedagang ikan di pasar Kelua  mengatakan  kenaikan harga ikan gabus sudah terlihat sejak bulan juli yang lalu.

“pasokan dari agen mulai berkurang karena pengaruh cuaca dan harga pun berangsur naik hingga kini mencapai hingga Rp. 70 ribu perkilogramnya” terangnya.

Masyarakat  kini menurutnya beralih ke jenis ikan lain yang masih keluarga dari ikan gabus seperti ikan taoman, kihung  dan karandang yang relatif masih banyak dan harganyapun tidak semahal ikan gabus.

Muna ibu rumah tangga yang juga penggemar ikan gabus mengiyakan jika dirinya kini beralih ke ikan tauman karena mahalnya ikan gabus.

“Tidak mesti ikan gabus, bisa pakai ikan lain seperti tauman rasanya tetap enak untuk dikonsumsi ,” ujarnya.

Kenaikan harga bukan hanya pada ikan gabus, ikan nila juga nengalami kenaikan harga dari Rp35/kg menjadi Rp45 ribu/kg (mc/boel / Koran Kontras )

Byuseradmin

Pengelola Ekowisata Karamo Tabalong Terima Bantuan Sapras

Ekowisata Puncak Karamo di Desa Taratau Kabupaten Tabalong yang dikelola Kelompok Tani Hutan setempat terus dikembangkan menjadi tujuan wisata lokal.

Salah satunya penambahan sarana dan prasarana pendukung bagi pengelola Kelompok Tani Hutan Karamo Bersinar bagi peningkatan pelayanan di ekowisata ini.

“Bantuan sarana dan prasana telah kita serahkan kepada KTH pengelola ekowisata Puncak Karamo,” jelas Kepala Seksi Pemanfaatan Hutan Kabupaten Tabalong Aidil Fahruraji.

Sarana dan prasana berupa perlengkapan susur sungai merupakan bantuan Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah IX Banjarbaru yang diserahkan melalui KPH Kabupaten Tabalong.

Bantuan berupa alat susur sungai masing – masinh perahu karet, dayung, Helm, pelampung, kayak hingga kantung tidur.

Ketua Kelompok KTH Karamo Bersinar Jaenudin menyampaikan sebelumnya juga menerima bantuan alat susur sungai dari PT Adaro Indonesia berupa 50 pelampung, helm dan kamera anti air.

“Puncak Karamo selain menyuguhkan panorama pegunungan juga menyediakan sarana susur sungai bagi pengunjung,” jelas Jaenudin.

Selaku pengelola ekowisata ini KTH Karamo Bersinar telah  menandatangani Nota Kerjasama Kemitraan (NKK) dengan KPH Tabalong  untuk mengelolaan Jasa Lingkungan Wisata Alam. ( Sumber Antara News )