Monthly Archive Mei 2019

Byuseradmin

Pedagang Harus Jaga Keberhasilan Barang Dagangannya

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani didampingi istri dan juga Wakilnya H Mawardi didampingi istri meresmikan pasar Ramadhan yang bertempat di dua lokasi, yakni pasar Barunak Tanjung dan Tanjung Expo Center, Senin (6/5/2019).

Untuk pasar Ramadhan yang berlokasi di pasar Barunak itu berjumlah 100 pedagang sedangkan pasar Ramadhan di pasar Tanjung Expo Center 104 pedagang.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, penyelenggaraan kegiatan pasar ramadhan 1440 H tahun 2019 ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan dan sekaligus memberikan peluang kepada masyarakat untuk membantu masyarakat yang tengah menjalankan ibadah puasa dalam memenuhi kebutuhan makanan siap saji guna keperluan ibadah.

“Hari ini saya didampingi istri dan pa Mawardi juga didampingi istri meresmikan pasar Ramadhan,” katanya.

Bupati menghimbau kepada para pedagang untuk bisa senantiasa menjaga kualitas dagangannya baik menyangkut kebersihan, keamanan penggunaan bahan yang digunakan pada makanan, memenuhi standar gizi yang baik serta terjamin higienisnya.

“Pedagang harus bisa beri kenyamanan kepada sipembeli. Baik itu dari kebersihan maupun dari penggunaan bahan makanan,” bebernya.

Usai memberikan sambutan Anang meninjau para beberapa lapak milik pedagang dan membeli beberapa makanan yang dijual. (Irwin Apriadi)

Byuseradmin

Shalat Tarawih Pertama Di Kalsel

Umat muslim menunaikan ibadah shalat Tarawih pertama di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (5/5/2019).Pemerintah menetapkan satu Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin (6/5/2019).

Byuseradmin

Wajah Baru Dominasi DPRD Tabalong, Ini Daftarnya

Usai sudah KPU Tabalong menggelar sidang pleno rekapitulasi suara pemilu 2019, namun KPU belum menetapkan siapa calon legislatif yang sukses melenggang ke Graha Sakata.

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah mengatakan penetapan calon terpilih menurut PKPU no 10 tahun 2019, reakpitulasi secara nasional  tanggal 22 mei 2019.

“proses pengajuan sangketa 3 kali 24 jam jika tidak ada permohonan sanketa paling lama 3 hari setelah diumumkan oleh MK” terangnya.

Maka menurut Ardiansyah penetapan caleg terpilih paling lambat 3 hari setelah proses penanganan dan putusan MK.

Namun dari pantauan korankontras.net dari rekapitulasi suara yang diplenokan KPU Tabalong, periode kali ini akan banyak wajah baru yang mengisi DPRD Tabalong.

Setidaknya jika dilihat dari perolehan suara masing masing partai di empat daerah pemilihan (dapil), partai Gerindra akan mendudukan 5 orang wakilnya dan menjadi partai dengan wakil paling banyak di Graha Sakata.

Sementara Partai Golkar yang periode lalu sebagai partai peroleh kursi terbanyak kali ini harus rela “turun tahta” karena perolehan hanya 4 kursi sama dengan partai PAN dan PKS.

Jika menilik hasil yang diperoleh partai Gerindra dipastikan mereka akan menduduki posisi ketua dewan, menariknya  lagi dipartai berlambang kepala garuda ini salah seorang calegnya yang juga mantan wakil bupati dan ketua DPRD Tabalong, H. Muchlis, SH akan kembali duduk di dewan Tabalong dari dapil 4 Kecamatan Murung Pudak.

Partai  besutan Tomy Soeharto yang juga pendatang baru pun berhasil mendudukan wakilnya, Yulianti  dari dapil 3 Kecamatan Muara Uya, Upau, Haruai, Jaro dan Bintang Ara.

PDIP Tabalong yang periode lalu menjadi partai non parlemen karena tidak ada satu orangpun wakilnya di Graha Sakata kali ini berhasil mendudukan 3 orang calegnya di dewan.

Melihat hasil perolehan suara partai ,  ternyata banyak caleg dari petahana justru berguguran tidak berhasil kembali menjadi anggota DPRD Tabalong, siapa saja caleg yang diperkirakan lolos ke DPRD Tabalong, korankontras.net mencoba merangkumnya dari perolehan suara :

Dapil 1 ( Tanjung dan Tanta)

  1. Hj. Norhidayah (PAN)
  2. Zainal Ilmi (Golkar)
  3. Sunardi (PKS)
  4. H. Akhmad Helmi (PKB)
  5. H. Supriani (Gerindra)
  6. H. Tadzudin Noor (Nasdem)
  7. H. Abdul Muthalib ( PDIP)

Dapil 2 ( Muara Harus, Kelua, Pugaan, Banua Lawas)

  1. Habib Muhammad Taufani Alkaf (PAN)
  2. Hj. Noor Farida ( Gerindra)
  3. Pahmi ( PKS )
  4. Marisanti (PPP)
  5. H. Hanafi Gobet ( Demokrat )
  6. H. Nabahan Fiji ( PAN )
  7. Muhammad Hudianoor (Gerindra)

Dapil 3 ( Muara Uya, Haruai, Upau, Jaro, Bintang Ara)

  1. Jurni (Golkar)
  2. Moh. Haryadi ( Demokrat )
  3. H. Mustafa ( Gerindra )
  4. Hj. Sumiati (PKS)
  5. Dahli ( PAN)
  6. H. Supoyo ( PDIP)
  7. Yulianti ( Berkarya )
  8. Pahrian (PKB)
  9. Mursalin ( Nasdem )
  10.  Zainal Abidin ( Golkar )

Dapil 4 (Murung Pudak)

  1. Hj, Eka Noor Elfiani ( Golkar)
  2. Ferry Elpeni ( Demokrat )
  3. H. Muchlis ( Gerindra )
  4. Murjani ( PKS )
  5. Rini Irawanty (PDIP)
  6. H.M. Rusly Thamrin ( PPP )

(tim) ( Sumber Koran Kontras )

Byuseradmin

Satbrimobda ledakkan benda mencurigakan di Tabalong

Anggota tim penjinak bom (Jibom) Satbrimobda Polda Kalsel meledakkan benda mencurigakan yang diduga bom di halaman parkir Toko Serina Mabuun, Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong, Minggu pagi.

Anggota Tim Jibom Satbrimobda Polda Kalsel Ipda Zainul Arifin mengatakan sebelumnya benda misterius tersebut telah dianalisa dengan alat pendeteksi bom.

“Hasil analisa dengan X ray terdapat sejumlah material berupa kabel dan alat yang diduga sebagai konektor,” jelas Zainul.

Pelaksanaan x ray dengan open vision dan test scan selanjutnya lokasi penemuan benda disterilkan sebelum dilakukan peledakan.

Setelah diledakkan benda yang diduga bom itu hancur dan mengeluarkan semua isinya. Tim Jibom sendiri belum dapat memberikan keterangan pasti benda misterius yang sempat membuat geger warga Kelurahan Mabuun Minggu dinihari.

“Untuk informasi lebih akurat akan kita lakukan pemeriksaan lanjutan ,” jelas Zainul. Pasca peledakan benda yang diduga bom

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono meminta kepada masyarakat agar tidak perlu takut karena situasi sudah aman terkendali.

“Material yang ada dalam benda tersebut akan dibawa ke Banjarbaru untuk dilakukan penelitian,” jelas Hardiono.

Masyarkarat juga dihimbau segera melapor ke pihak kepolisian jika menemukan benda mencurigakan.

Sebelumnya benda berbentuk kotak warna hitam ditemukan salah satu karyawan Toko Serina M Arsyad pada Minggu dinihari.

Selanjutnya pihak toko melaporkan benda mencurigakan tersebut ke Polres Tabalong.

Byuseradmin

Usai Pleno, Ini Hasil Pemilu 2019 di Tabalong

Setelah berlangsung selama dua hari Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil suara pemilu 2019 tingkat kabupaten berakhir sekitar pukul 22.00 WITA, Kamis (2/5) di Hotel Aston Tanjung.

Dari rapat pleno ini maka ditetapkan bahwa pasangan calon presiden 01 mendapatkan suara sebesar 44.082 suara dan pasangan calon presiden 02 sebesar 100.462 suara.

Selain itu untuk DPR RI, Partai PAN mendapatkan suara terbanyak sebesar 23.769 kemudian disusul oleh partai PKS dengan suara 16.475 lalu partai Gerindra dengan jumlah suara 15.910

lalu untuk DPD RI, Calon Nomor urut 25 Habib Abdurrahman Bahasyim dengan total suara terbanyak 25.452, lalu calon nomor urut 27 Habib Zakaria dengan total 21.949 suara, kemudian calon nomor urut 23 Antung Fatmawati dengan 16.204 suara

dan Untuk DPRD Tingkat Provinsi, Partai PAN mendapatkan suara terbanyak sebesar 20.898 kemudian disusul oleh partai Golkar dengan suara 18.254 lalu partai Gerindra dengan jumlah suara 15.508.

terakhir untuk DPRD Tingkat Kabupaten, dari rekapitulasi 4 daerah pemilihan Partai Golkar mendapatkan suara terbanyak sebesar 18.040 Suara, kemudian disusul oleh partai PAN dengan 17.958 Suara lalu partai Gerindra dengan jumlah suara 17.465 Suara.

Khusus DPRD Tingkat Kabupaten, berdasar dari hasil rapat pleno tingkat kabupaten dari total 4 daerah pemilihan, Partai Gerindra berhak mendapat kursi terbanyak sebanyak 5 kursi, lalu partai Golkar dengan 4 kursi, kemudian Partai PAN dengan 4 Kursi, serta partai PKS 4 Kursi.

Namun,  Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah dalam penjelasannya hasil ini nantinya akan di plenokan kembali ke tingkat provinsi hingga ditetapkan secara resmi di tingkat nasional.

“Nah pada pleno di provinsi ini siapa tahu nanti ada perbaikan-perbaikan, kemudian baru di pelnokan di tingkat nasional yang dilaksanakan tanggal 22 Mei.” jelas Ardiansyah.

Setelah tanggal 22 Mei 2019, partai politik peserta pemilu bisa mengajukan keberatan permohonan sengketa kepada Mahkamah Konstitusi (MK) selama tiga hari setelah penentapan secara nasional. (MC Tabalong/Gilang)

Byuseradmin

Lagi, 144 Warga Tabalong Dilatih Untuk Jadi Pengusaha

Setelah sukses pada angkatan pertama, kini Balai Latihan Kerja (BLK) Tabalong kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi Angkatan II yang bersumber dari dana  APBN Tahun 2019.

Untuk angkatan kedua, Kegiatan ini diikuti sebanyak 144 peserta, dimana jurusan meliputi Kejuruan Mekanik Junior Mobil.Akuntansi, Operator Basic, Junior Teknisi Support, Autocad, Pendingin AC Split, Instalasi Tenaga Operator, Menjahit Pakaian Dasar, Las  SMAW 3G.

Bertempat di Aula BLK Tabalong, Kamis (2/5) kegiatan secara resmi di buka Bupati Tabalong yang diwakilkan oleh Staf Ahi Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H M Aberani Aberar.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Anang mengatakan dengan pelatihan ini nantinya mampu membangun jiwa kewirausahaan (entrepreneur) di dalam diri peserta, selain itu meningkatkan kemampuan rasa percaya diri para tenaga kerja produktif terutama dalam upaya memanfaatkan peluang kerja atau peluang berusaha secara mandiri.

“ Ini salah satu kegiatan strategis kita dalam rangka menjawab permasalahan ketenagkerjaan yang terjadi di Tabalong, mengingat saat ini lapangan kerja  semakin sempit sehingga diperlukan orang yang kreatif dalam menciptakan peluang kerja dan usaha, ” katanya.

Untuk itu ,Ujar Bupati, Pemerintah Daerah akan terus mendukung dan berupaya agar dapat lebih banyak lagi menganggarkan dana APBD untuk peningkatan kewirausahaan masyarakat khususnya di Tabalong sehingga kedepannya bisa terus berkembang.

Sebagaimana target pemerintah daerah , untuk menciptakan 10.000 wirausaha baru, sejak tahun pertama, dimana pada lima tahun sebelumnya alhamdulilah target wirausaha baru yang dihasilkan sudah terlampaui.

“ Untuk itu, mari terus kita galakkan semangat kewiarusahann dalam kehidupan masyarakat Tabalong,sehingga tingkat pencari kerja akan tertangani dan semakin berkurang.” Terangnya.

Sementara, Kepala UPT BLK Tabalong , Suhartojo mengatakan bahwa semua peserta usai melaksanakan pelatihan ini nantinya akan diberikan uji kompetensi.

Dimana tujuan dari penyelenggaraan Uji Kompetensi ini untuk mengukur kemampuan dan keterampilan peserta pelatihan sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional sekaligus menumbuhkan sikap percaya diri  dan tangguh untuk berkompetisi di dunia kerja.

“ Alhamdulilah di angkatan pertama,  hampir 95 persen yang lulus , walaupun masih ada beberapa yang tidak lulus, “ jelasnya.

Adapun peserta yang tidak lulus disebabkan karena sudah diterima bekerja, mengingat tujuan utama dari pelatihan ini outputnya mereka semua bisa mendapat kerja dan mandiri.

“ Alhamdulilah mereka sudah diterima kerja, jadi kita lepas saja, dengan catatan mereka memang benar kerja di perusahaan itu, dan kita akan pantau langsung ke tempat kerja tersebut.” Tambahnya.

Suhartojo berharap dengan program ini menjadi solusi yang sangat tepat untuk menunjang keberhasilan Pemda melalui Disnaker Tabalong dan BLK Tabalong karena tidak hanya sebatas memberi bekal bakat keterampilan tetapi bisa menghasilkan pekerja –pekerja yang memiliki kompetensi dan integritas kerja yang baik.

Sebagai informasi pelatihan ini berlangsung kurang lebih 1,5 bulan dan 1-3 bulan On The Job Training (OJT) yaitu belajar kerja di perusahaan ,Instansi pemerintah dan lainnya. (MC Tabalong/Sy)