Pilkada Tinggal Hitungan Hari, Panwaslu Tabalong Intensifkan Pengawasan

Byuseradmin

Pilkada Tinggal Hitungan Hari, Panwaslu Tabalong Intensifkan Pengawasan

Menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang tinggal hitungan hari, peningkatan pengawasan pun dilakukan Panwaslu Tabalong.

Pemungutan suara pada Pikada serentak ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada Rabu 27 Juni 2018.

Langkah ini dilakukan agar bisa mencegah adanya tindakan pelanggaran yang bisa mencederai pelaksanaan Pilkada di Tabalong.

Adanya persiapan khusus jelang hari H pilkada ini disampaikan Komisioner Panwaslu Tabalong M Fahmi Failasopa saat dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, Selasa (19/6/2018).

“Panwas TPS se Tabalong juga diundang melakukan pertemuan dengan tujuan pemberian arahan, petunjuk serta penajaman fokus pengawasan pada saat hari pemungutan suara dan penghitungan nanti,” katanya.

Sedangkan untuk para paslon, sesuai tahapan yang ada maka akan diingatkan untuk melaksanakan kewajibannya sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk itu nantinya, Keempat paslon yang menjadi kontestan Pilkada Tabalong akan dikirimi surat intruksi dan edaran.

Isinya terkait pelaporan dana kampanye yang harus dilakukan 24 Juni 2018, penertiban alat peraga kampanye (APK) paling lambat 23 Juni 2018 pukul 24.00 wita.

Selain itu intruksi dan edaran juga berisi terkait ketentuan saksi paslon pada saat pemungutan dan perhitungan suara, bagi petahana tidak menggunakan wewenang dan program yang merugikan dan menguntungkan salah satu paslon.

“Disitu kita akan sampaikan juga kententuan yang mengatur masa tenang dan lainnya,” tambah Fahmi.

Lalu untuk TPS dan daerah mana saja yang rawan, menurut Fahmi, TPS dan daerah rawan ini ada di beberapa kecamatan, terutama di wilayah yang memiliki penduduk eksodus dan perbatasan.

“Misal TPS yg berada dekat dengan Conch (pabrik semen) karena banyak pekerja yang datang dan pergi, jugaTPS berbatasan wilyah Bintang Ara (Tabalong) dengan Kalteng,” katanya.

Termasuk juga TPS yang berdiri dekat dengan rumah atau kantor tim sukses paslon juga dinilai rawan.

“Untuk itulah kenapa pengawasan dintensifkan, selain itu kita juga terus menjalin koordinasi dengan KPU sebagai sesama penyelenggara,” katanya. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Baca: Prediksi Uruguay vs Arab Saudi Grup A Piala Dunia 2018 Live Trans TV Malam Ini

Menurut komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga ini, persiapan yang mereka lakukan sesuai dengan arahan serta intruksi dari Bawaslu RI.

Adapun langkah yang dilakukan diantaranya dengan mengidentifikasi TPS rawan se Kabupaten Tabalong melalui panwas TPS setempat.

Baca: Prediksi & Siaran Langsung Portugal vs Maroko Grup B Piala Dunia 2018 Live Trans TV Malam Ini

“Ini dilakukan untuk nantinya dapat menentukan strategi pengawasan yang tepat pada masa tenang dan hari H,” kata Fahmi.

Kemudian, pihaknya juga melakukan identifikasi titik rawan potensi pelanggaran di wilayah-wilayah kecamatan melalui perab panwascam sesuai wilayahnya.

Tak hanya itu, sesuai instruksi bawaslu, maka pihaknya juga mengintensifkan pengawasan di wilayah kecamatan dengan membentuk tim pengawasan.

Yang tak kalah penting, imbuhnya, seluruh jajaran panwaslu akan melakukan patroli pengawasan pada saat masa tenang dan juga saat malam hari H.

About the Author

useradmin administrator

Leave a Reply