Kampung Kutam Tabalong akhirnya masuk Bartim

Byuseradmin

Kampung Kutam Tabalong akhirnya masuk Bartim

Kementerian Dalam Negeri menerbitkan peraturan Nomor 40 tahun 2018 terkait batas daerah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan dan Barito Timur, Kalimantan Tengah yang telah disosialisasikan di tingkat kabupaten.

Kepala Bidang Pemerintahan Arbuansyah di Tanjung, Jumat mengatakan terbitnya Permendagri tersebut berdampak masuknya Kampung Kutam bagian Desa Bintang Ara dalam wilayah Kabupaten Barito Timur.

“Mengacu Permendagri Nomor 40 tahun 2018 akhirnya Kampung Kutam masuk wilayah Bartim,” jelas Arbuansyah.

Padahal sebelumnya pelayanan di Kampung Kutam   dilaksanakan Pemkab Tabalong karena hanya berjarak lima kilometer dari Desa Bintang Ara.

Ada sekitar 75 kepala keluarga di Kampung Kutam dan sejumlah aset Pemkab Tabalong seperti SD Negeri 1 Burum dan posyandu Melati II juga ada di Kampung ini.

Kasubag Administrasi Kewilayahan dan Kerja sama Joko Eddy Sukoco menambahkan masuknya Kampung Kutam ke Barito Timur juga terkait   kesepakatan lama antara Pemprov Kalsel – Kalteng pada tahun 2000.

“Kampung Kutam masuk dalam Hak Guna Usaha PT Hasfarm yang diterbitkan Pemprov Kalimantan Tengah sehingga statusnya masuk wilayah Kalteng,” jelas Joko.

Selanjutnya Pemkab Tabalong akan
berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait untuk menindaklanjuti permasalahan ini mengingat adanya aset daerah yang ada di Kampung Kutam.

Meski Permendagri ini telah diberlakukan  ungkap Joko pelayanan di Kampung Kutam akan tetap dilakukan Pemkab Tabalong sambil menunggu sikap dari Pemkab  Barito Timur.

About the author

useradmin administrator

Leave a Reply